Anggota Komisi X DPR RI Ferdiansyah saat berkunjung di Garut Jawa Barat mendesak kementerian terkait untuk menciptakan destinasi wisata baru dari sektor kuliner karena Indonesia memiliki beragam kuliner dan memiliki nilai budaya nusantara yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

"Kuliner kita ini bisa diadikan destinasi wisata," kata Ferdiansyah kepada wartawan di Garut, Sabtu

Ferdiansyah menyampaikan Komisi X yang bermitra dengan Kementerian Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mendukung program terkait pengembangan kuliner sebagai budaya dan juga menjadi destinasi wisata.

Seperti yang sudah dilaksanakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yaitu salah satunya menggelar Festival Kuliner Nusantara 2021 di Kabupaten Garut sebagai upaya melestarikan dan mengenalkan kuliner ke berbagai daerah.

"Program Kemendikbud ini implementasinya, kita kembangkan karena kita tahu Indonesia sangat kaya dengan kulinernya," katanya.

Ia berharap upaya pemerintah menciptakan potensi wisata kuliner itu bisa menambah keragaman suatu daerah yang tidak hanya berwisata alam saja, tapi bisa memilih wisata lain yaitu kuliner.

Ada sebagian masyarakat yang lebih tertarik melakukan kegiatan wisatanya dengan mendatangi tempat kuliner dibandingkan mengunjungi objek wisata alam atau lainnya.

"Ada wisatawan yang tidak tertarik dengan alam, justru mereka datang berwisata karena kulinernya," kata politisi Partai Golkar itu.

Termasuk Kabupaten Garut, kata Ferdiansyah, memiliki potensi kuliner yang akan menjadi daya tarik sebagai destinasi wisata dengan menyuguhkan berbagai jenis makanan dan rempah-rempah khas daerah.

Ia menyebutkan potensi kuliner di Garut di antaranya nasi liwet domba, gulai domba dan sebagainya dengan bumbu yang khas warisan dari masyarakat dahulu.

"Garut ini terkenal dengan aneka ragam kulinernya salah satunya kuliner nasi liwet domba yang diracik dengan aneka bumbu rempah yang sangat menggoda dan menggugah selera," katanya.

Baca juga: PKL di Garut dilatih memanfaatkan peluang pasar daring

Baca juga: 37 pasutri di Garut ikuti sidang isbat untuk dapat akta nikah
 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021