Ngamprah, 21/12 (ANTARA) - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menginginkan agar gerakan penanaman pohon dilakukan secara serentak dan bisa tercatat dalam rekor MURI (Museum Rekor Indonesia).

Gerakan penanaman pohon secara serentak itu harus melibatkan pelajar dari tingkat sekolah dasar hingga menengah atas yang ada di Jawa Barat, katanya pada pencanangan aksi penanaman satu miliar pohon dan Pencanangan Jabar Hijau Berbasis Sekolah di Kampung Cisameng Desa Rajamandala, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Selasa.

Pada kegiatan yang diikuti oleh seluruh perwakilan kota/kabupaten se-Jawa Barat itu, gubernur menginginkan agar pemecahan rekor MURI itu bisa terlaksana pada tahun anggaran 2011.

Menurutnya, masih ada kesempatan untuk menganggarkan kegiatan itu pada tahun depan.

"Selain itu, kita pun ingin agar konsep Jabar Hijau Berbasis Sekolah bisa benar-benar terwujud. Rekor MURI itu perlu dibuat untuk menyadarkan masyarakat mengenai pentingnya melakukan rehabilitasi dan reboisasi alam. Sebab, di lapangan gerakan penanaman pohon itu harus berhasil dan yang paling utama adalah pemeliharaan bukan saja menanam. Memelihara lebih sulit ketimbang menanam," kata Heryawan.
Menurutnya, pemanasan global saat ini mau tidak mau harus diselesaikan lewat gerakan penghijauan. Dan Indonesia sebagai bagian dunia berkomitmen untuk bekerja sama dengan negara lainnya dalam penanaman satu miliar pohon.

Provinsi Jawa Barat ditugaskan untuk melakukan penanaman sebanyak 170 juta pohon. Sedangkan KBB harus menanam 18 juta pohon dan baru terealisasi sebanyak 7 juta pohon.

"Gerakan penanaman pohon itu jangan sampai berhenti di tengah jalan. Oleh karena itu, perlu ada terobosan lain diantaranya dengan melibatkan para pelajar. Keterlibatan pelajar itu perlu guna menanamkan kebiasaan positif dalam upayanya menjaga kelestarian alam," imbuhnya.

Lebih lanjut dirinya, akan mengintruksikan kepada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat untuk berkoordinas dengan Dinas Pendidikan tingkat kabupaten/kota se-Jawa Barat untuk melibatkan setiap peserta didiknya agar mau menanam.

Diharapkannya, paling tidak setiap orang siswa wajib menanam pohon sebanyak empat pohon.

Sementara itu, Bupati Bandung Barat Abubakar mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat akan mengeluarkan kebijakan penanaman pohon untuk setiap siswa wajib menanam empat pohon.

"Ada rencana operasional agar siswa ikut memelihara lingkungan dengan melakukan penanaman,"katanya.***1***

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010