Bandung, 19/12 (ANTARA) - Provinsi Jawa Barat meraih 11 penghargaan tingkat nasional di berbagai bidang sepanjang 2010, meningkat dibanding 2009 yang hanya enam penghargaan.

"Penghargaan yang diberikan Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat merupakan wujud pengakuan atas keberhasilan semua program dan kebijakan dalam membangun Jawa Barat," kata Gubernur Jawa Barat H Ahmad Heryawan di Bandung, Minggu.

Menurut dia, capaian prestasi itu merupakan wujud pengakuan pemerintah pusat dan masyarakat Indonesia atas kerja kerja keras pemerintah provinsi dan masyarakat Jawa Barat. Semua itu harus menjadi pemacu capaian yang lebih baik lagi di masa depan.

Ia mengatakan, masyarakat Jawa Barat patut bersyukur dan menyikapi penghargaan itu sebagai wujud tanggung jawab untuk lebih baik lagi.

Penghargaan yang diraih Jawa Barat sepanjang 2008 hingga Desember 2010 berjumlah delapan belas.

Penghargaan itu antara lain dari Departemen Pekerjaan Umum atas pencapaian kinerja terbaik peringkat pertama bidang jasa konstruksi, dari Departemen Pendidikan Nasional atas kepedulian dan kinerja yang tinggi dalam percepatan pemberantasan buta aksara. Kemudian dari Departeman Sosial atas kepedulian dan keberpihakan dalam mewujudkan kesamaan kesempatan bagi penyandang cacat.

Selain itu dari Kementerian Perumahan Rakyat berupa penghargaan Adi Upaya Puritama atas kontribusi yang signifikan bagi pembangunan perumahan dan permukiman di Indonesia, dari Departemen Pertanian yaitu Agro Inovasi 2009 atas dukungan, kerja sama penelitian, inovasi dan pengembangan pertanian.

Selanjutnya penghargaan dari Menteri Keuangan sebagai daerah berprestasi berdasarkan kinerja keuangan, kinerja ekonomi, dan kesejahteraan. Dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Pusat atas terjalinnya kemitraan dan kerja sama ekonomi di Jabar;
Sementara sepanjang 2010 berdasarkan hasil survei Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia, Pemprov Jawa Barat berhasil menjadi salah satu provinsi terbaik dalam hal integritas pelayanan publik, kemudian meraih Regional Champion dari Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM) sebagai salah satu dari tujuh provinsi unggulan dengan iklim investasi terbaik.
Berikutnya penghargaan dari Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi sebagai Gubernur Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) 2010.

Jawa Barat juga meraih juara umum pada penyelenggaraan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Nasional XXIII/ 2010 di Provinsi Bengkulu, penghargaan dari Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yaitu tanda penghargaan Lencana Darma Bakti atas jasa yang cukup besar artinya bagi perkembangan Gerakan Pramuka dan gerakan kepramukaan di dunia.

Kemudian penghargaan dari Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yaitu Manggala Karya Kencana atas jasa dalam menggerakkan peran masyarakat untuk mencapai keberhasilan Program KB Nasional
Penghargaan dari Departemen Pekerjaan Umum atas pencapaian kinerja terbaik bidang kebinamargaan 2010, penghargaan dari Presiden RI sebagai provinsi dengan produksi padi tertinggi tingkat nasional terakhir Jabar menjadi juara umum sehingga meraih penghargaan Adi Bhakti Mina Bahar atas kontribusi dan peran dalam peningkatan produktivitas ekonomi, pengembangan usaha perikanan, dan pelestarian sumber daya ikan maupun lingkungan.***4***

Syarif A

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010