Purwakarta, 15/12 (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta, Provinsi Jawa Barat mencanangkan gerakan penanaman jagung di atas lahan tidur, seluas 32 hektare, awal pekan ini.

Humas Pemkab Purwakarta, Rabu menyebutkan, lahan tidur seluas itu merupakan lahan yang telah dikuasai perusahaan indusri di Desa Wanakerta, Kecamatan Bungursari.

Lahan daratan tersebut dimanfaatkan oleh petani, sebelum dibangun untuk pabrik inbdustri.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi memerintahkan jajaranya untuk menginventarisasi lahan-lahan tidur di wilayah untuk ditanami jagung oleh petani setempat, dan sekaligus upaya meningkatkan produktivitas pertanian.

Sedangkan Kabid Pertanian Dinas Pertanian, Perhutanan dan Perkebunan Kabupaten Purwakarta Dedi Setiadi mengatakan, pihaknya menargetkan produksi jagung sebanyak 25.685 ton tahun 2010.

"Jagung merupakan salah satu komoditas unggulan di Kabupaten Purwakarta," katanya, dan menambahkan produksi jagung di Purwakarta mencapai sepuluh ton per hektare.

Pemkan Purwakarta juga terus mendorong para petani, dengan memberikan batuan benih jagung secara cuma-cuma.

Selama tahun 2010, kata dia, telah disalurkan benih jagung gratis untuk 1.500 hektare.

Dedi menyebutkan pihaknya telah menggandeng pihak swasta untuk pemasaran produksi jagung.

Kabupaten Purwakarta juga memiliki potensi untuk budi daya kedelei, ubi kayu dan kacang tanah, dengan ketersediaan lahan daratan sekitar 8.000 hektare milik petani.

"Di Kabupaten Purwakarta terdapat lahan pertanian sekitar 18.000 hektare, dan separuhnya untuk pertanian daratan," kata Dedi.

Adjat S

Pewarta:

Editor : Teguh Handoko


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010