Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat mendorong penggerak koperasi untuk melakukan terobosan baru dalam mengembangkan usahanya dengan berbasis teknologi mengikuti pasar yang sudah serba digital.

"Kita harus menuju kepada basis teknologi, apalagi Kabupaten Garut sekarang sudah berkomitmen bahwa sistem pemerintahannya adalah berbasis elektronik, termasuk di dalamnya pembinaan terhadap koperasi harus berbasis elektronik, harus berbasis teknologi," kata Bupati Garut Rudy Gunawan saat upacara peringatan ke 74 Hari Koperasi secara virtual di Gedung Command Center, Pendopo Garut, Senin.

Ia menyampaikan Hari Koperasi harus menjadi momentum bagi seluruh penggerak koperasi termasuk Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Mikro Kabupaten Garut  melakukan terobosan-terobosan dengan program yang harus keluar dari kebiasaan sebelumnya.

Saat ini, kata Bupati, seluruh koperasi bisa memanfaatkan peluang pasar yang lebih luas yakni pasar daring melalui 'marketplace' sehingga bisa memberikan keuntungan karena usahanya mendunia.

"Kita lihat ada koperasi-koperasi yang sudah mendunia, karena apa? Karena sekarang ini dengan teknologi kita bisa memasarkan ke berbagai negara, dengan Tokopedia-nya, dengan Shopee-nya, dan lain sebagainya," katanya.

Bupati menyampaikan koperasi menjadi hal yang penting, dan tidak akan hilang meskipun saat ini ada perkembangan teknologi yang cukup pesat.

Sejumlah negara, kata dia, telah membuktikan bahwa koperasi menjadi penguat ekonomi nasional sehingga negaranya menjadi tangguh dan maju.

"Koperasi adalah sebagai penguat ekonomi nasional di berbagai negara, di Jepang, di Jerman, di Belanda, dan beberapa bagian negara, telah membuktikan bahwa koperasi mempunyai kekuatan yang luar biasa," katanya.

Ia berharap koperasi di zaman industri 4.0 bisa menjadi bagian penting di suatu negara, untuk itu, pembinaan terhadap masyarakat anggota koperasi wajib terus dilakukan selain pengurus koperasi.

"Jadi yang dibina itu bukan pengurus saja, tapi yang dibinanya justru anggotanya," katanya.

Baca juga: Pemkab Garut canangkan gerakan manfaat koperasi di pedesaan

Baca juga: Kemenkop dorong potensi pertumbuhan ekonomi dari kalangan kaum perempuan

Baca juga: Garut alokasikan Rp5 miliar untuk modal koperasi dan UMKM

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021