Bandung, 7/11 (ANTARA) - Gubernur Jawa Barat H Ahmad Heryawan mengunjungi ratusan TKI khususnya asal Jawa Barat yang bekerja di Hongkong, Minggu.

Dalam siaran pers yang diterima ANTARA di Bandung, Minggu, Gubernur Heryawan bertemu dengan para pekerja asal Indonesia yang memanfaatkan waktu libur mereka.

Kunjungan ke Hongkong, merupakan salah satu rangkaian perjalanan Gubernur setelah mengunjungi China dalam kunjungan kerja lima harinya ke kawasan itu.

Pada kesempatan itu Heryawan mengimbau agar para TKI senantiasa meningkatkan kemampuannya sehingga dihargai sebagai tenaga kerja trampil. Apalagi pihak Konsulat Jenderal Republik Indonesia untuk Hongkong menyediakan sarana pendidikan dan pelatihan yang cukup memadai, seperti program paket B, paket C dan Universitas Terbuka.

"Manfaatkan sebaik mungkin demi masa depan lebih baik," kata Gubernur Ahmad Heryawan.

Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang menjadi pemasok tenaga kerja di luar negeri baik di sektor formal maupun informal.

Hongkong merukan salah satu tujuan pengiriman tenaga kerja asal Jawa Barat disamping Malaysia, Taiwan, Korea dan Timur Tengah.

Sebagian besar TKI asal Jabar saat ini bekerja di sektor informal, namun dalam beberapa tahun terakhir pengiriman tenaga kerja sektor formal seperti perawat, industri dan tenaga terampil lainnya meningkat signifikan.*
(S033/Y003)

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010