Pemkab Cianjur, Jawa Barat, bersama Polres Cianjur, menggenjot vaksinasi  COVID-19 untuk 4.100 orang lansia secara masal dengan menggelar vaksinasi di masing-masing polsek sebagai upaya mempercepat vaksinasi untuk lansia.

"Vaksinasi digelar di semua polsek di Cianjur, sebagai upaya maksimal pemberian vaksin yang ditargetkan rampung hari ini," kata Kapolres Cianjur, AKBP Moichamad Rifai di Cianjur, Senin.

Ia menjelaskan vaksinasi serentak yang digelar Polres Cianjur bersama Pemkab Cianjur merupakan upaya untuk menekan penyebaran COVID-19 di kalangan lansia yang rentan terpapar.

Sehingga ditargetkan 4.100 vaksin akan diberikan pada lansia di seluruh Cianjur, untuk menekan penyebaran COVID-19 dan sebagai upaya memudahkan lansia untuk mendapatkan vaksinasi karena sebagian besar terkendala jarak.

"Untuk memaksimalkan jalannya vaksinasi serentak, kuota vaksin dibagi ke semua polsek di seluruh Cianjur dengan target 150 per kecamatan. Namun khusus enam polsek di wilayah Cianjur kota, dipusatkan di RS Bhayangkara," katanya.

Untuk pusat vaksinasi dgelar di RS Bhayangkara yang diikuti khusus enam polsek terdekat Cibeber, Cilaku, Cianjur, Cugenang dan Polsek Warungkondang.

Pihaknya berharap tingkat partisipasi warga khususnya lansia cukup tinggi, sehingga target ribuan lansia mendapatkan vaksinasi dalam satu hari dapat tercapai karena hingga saat ini, baru 3 persen atau 6.000 lansia yang sudah tuntas divaksin.

Kepala Dinas Kesehatan Cianjur, dr Irvan Nur Fauzy, mengatakan vaksinasi yang dilakukan bersama Polres Cianjur dengan melibatkan jajaran polsek dan puskesmas itu, merupakan upaya percepatan vaksinasi untukl lansia di Cianjur.

"Selama ini faktor jarak yang jauh ke pusat layanan kesehatan dan pusat vaksinasi di kecamatan, membuat pemkab dan polres jemput bola, agar seluruh lansia yang menjadi target vaksinasi sebanyak 180 ribu orang, dapat tercapai," katanya.

Baca juga: Cianjur terima 3.650 dosis vaksin COVID-19 Sinopram

Baca juga: Dinkes Cianjur pastikan distribusi dan penggunaan vaksin terawasi

Baca juga: Letak geografis menjadi kendala vaksinasi lansia di Cianjur

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021