Bandung, 2/10 (ANTARA) - Universitas Islam Nageri Sunan Gunung Djati Bandung, wisuda 1,054 sarjana, frogam Diploma, S1, S2 dan S3.

Kepala Humas UIN SGD (Sunan Gunung Djati), Sarkim, Sabtu, mengatakan, dari jumlah wisudawan sebanyak itu, 66 orang adalah lulusan Diploma, 869 orang Strata Satu (S2), 118 orang S2 dan satu orang S3.

"Pihak kampus mengharapkan para alumni yang diwisuda hari ini, harus bisa menerapkan ilmu yang diperoleh selama kuliah, di tengah masyarakat," kata dia.

Mayoritas mahasiswa UIN SGD berasal dari daerah-daerah di Jawa Barat, hampir setiap wisudawan datang bersama orang tua dan keluarganya, seperti akan mengantar calon pengantin dalam sebuah sebuah resepsi pernikahan, katanya.

Berbagaimacam cara dilakukan oleh orang tua dan keluarga pengantar wisudawan, dalam mengungkapkan rasa bangganya.

Foto bersama, merupakan pemandangan yang sangat umum dilaksanakan oleh mereka. Tetapi yang lebih menarik adalah, saat wisudawan dan keluarganya berkumpul untuk makan bersama dengan memanfaatkan halaman, teras atau taman yang ada di sekitar kampus UIN SGD Bandung.

Terlintas perasaan senang dan gembira dari lubuk hati mereka, yang terpancar dari raut senyum dan gelak tawa, seperti yang dilakukan wisudawati Siti asal Garut. Menurut alumni Fakultas Tarbiyah tersebut, dia sangat senang, bahagia dan haru saat mengikuti wisudanya.

"Alhamdulillah saya bisa menyelesaikan kuliah. Lihat saja orang tua dan saudara-saudara saya yang sengaja datang dari Garut, sangat senang dan gembira bisa ikut menyaksikan acara wisuda di kampus UIN ini," tutur Siti.

Setelah lulus dari kuliahnya, Siti berharap bisa mengamalkan ilmu yang didapatnya, meski sebenarnya dia sudah mulai mengajar sebagai tenaga honorer di sebuah sekolah yang ada di Bandung.

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010