Cibinong, 10/8 (ANTARA) - Bupati Bogor Rachmat Yasin, Selasa di Cibinong, mengatakan, pihaknya menginstruksikan semua camat se-Kabupaten Bogor untuk memelopori revitalisasi gerakan pramuka di wilayah masing-masing.

"Saya harapkan semua camat menggalakkan kembali gerakan pramuka di wilayah masing-masing. Inti pengembangan pramuka terletak di kwartir ranting atau kecamatan," kata Rachmat di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa.
Ia mengaku memiliki obsesi untuk merevitalisasi gerakan pramuka di Bogor, agar keberadaannya semakin dirasakan oleh masyarakat.

Melalui unit kerja teknis terkait yaitu Dinas Pendidikan, Rachmat mengatakan, dirinya akan mengeluarkan instruksi tertulis yang ditujukan kepada 40 camat se-Bogor serta para pemangku kepentingan terkait agar memelopori kebangkitan pramuka di Bogor.

"Saya akan instruksikan secara tertulis agar semua camat di Bogor menggalakkan kembali keberadaan pramuka," tuturnya.

Sebagai langkah penguatan gerakan pramuka, pada Senin, Bupati telah mencanangkan Jumat sebagai hari pramuka tingkat Kabupaten Bogor.

Pencanangan hari pramuka tersebut dimaksudkan agar semua pemangku kepentingan di Kabupaten Bogor peduli dan dapat berpartisipasi secara langsung dalam pengembangan pramuka sebagai gugus terdepan pengkaderan calon generasi pemimpin bangsa.

Dalam waktu dekat, pencanangan Jumat sebagai hari pramuka segera diperkuat oleh SK bupati.

Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Bogor merupakan yang terbaik dan tergiat se-Jawa Barat. Puncak peringatan pramuka tingkat Jawa Barat tahun lalu dipusatkan di halaman Tegar Beriman Pemkab Bogor, Cibinong.

Berbagai upaya pembenahan terus dilakukan guna merevitalisasi gerakan pramuka di Bogor, sehingga terus berkembang sejalan dengan kemajuan masyarakat.

Penyerahan bantuan Rp1 miliar dari Pemkab Bogor kepada Kwarcab Pramuka sebagai bentuk dukungan penuh dalam mengembangkan revitalisasi gerakan kepramukaan di Bogor.*
(pso-053/S022)

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010