Kepolisian Resor Sumedang dan TNI melakukan patroli gabungan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat khususnya saat perayaan Paskah di Kampus IPDN Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat.

Kepala Kepolisian Resor Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto yang memimpin langsung patroli mengatakan pelaksanaan Paskah di IPDN maupun di daerah lainnya mendapatkan pengamanan khusus untuk menjaga kenyamanan dan keamanan masyarakat.

"Hal ini dilakukan untuk memberikan rasa aman kepada seluruh masyarakat Sumedang dan memberikan pesan kepada masyarakat Jawa Barat pada umumnya," kata Kapolres.

Ia menuturkan patroli gabungan itu menyusuri sejumlah tempat, khususnya gereja salah satunya gereja yang dijadikan tempat peribadatan oleh mahasiswa IPDN di Jatinangor, Sumedang.

"Ketika dilakukan pengontrolan di gereja di Kampus IPDN sedang berlangsung Misa Agung yang jemaatnya dari mahasiswa tersebut sebanyak 350 umat nasrani," katanya.

Ia menyampaikan kegiatan peribadatan di Sumedang umumnya di Jawa Barat berlangsung aman dan lancar, tidak terganggu dengan adanya aksi teror di Mabes Polri maupun di Makassar.

"Pada umumnya bahwa kerukunan umat di Jawa Barat tidak terganggu dengan kejadian di Jakarta maupun di Makassar, kami TNI-Polri siap mengamankan wilayah Jawa Barat khususnya, dan Indonesia pada umumnya," katanya.

Komandan Kodim 0610 Sumedang Letkol Inf Zenal Mustofa menambahkan, jajarannya siap melakukan pengamanan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat Sumedang.

Hasil patroli di Kampus IPDN, kata dia, berlangsung aman dan lancar, semua jemaatnya hanya dari dalam kampus, tidak ada orang luar yang melakukan peribadatan di tempat tersebut.

"Jemaatnya tidak mengundang orang luar, insya Allah keamanan dan kesehatan, kehikmatan, dan makna dari pelaksanaan kegiatan ini semoga bermanfaat ke depannya," kata Zenal.

Baca juga: Tim gabungan Polri dan TNI amankan 77 gereja di Kota Bogor

Baca juga: Gubernur Jawa Barat jamin keamanan selama Perayaan Paskah

Baca juga: Polda Jabar perketat keamanan gereja jelang Paskah

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021