Pemerintah Kota Bekasi di Provinsi Jawa Barat mengerahkan petugas untuk membersihkan Kali Bojong Menteng di Kecamatan Rawalumbu dari sampah dan lumpur guna meminimalkan risiko banjir.

Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Bekasi Zainal Abidin di Bekasi, Jumat, mengatakan bahwa tim pematusan melakukan pembersihan sungai secara manual mulai dari area Jembatan 11 Rawalumbu.

"Alat berat sekarang ada di Bekasi Utara. Nanti akan dijadwalkan pembersihan menggunakan alat berat sebagai tindak lanjut. Meski (sekarang) tidak memakai alat berat kami upayakan sampah tidak kembali menyumbat saluran air," kata Zainal.

Menurut Zainal, petugas berhasil mengangkut 16 meter kubik sampah dari aliran sungai di kawasan jembatan 7 sampai 11. Petugas juga membersihkan lumpur dan gulma di saluran sepanjang 300 meter di Rawa Lumbu.

"Delapan personel tim pematusan yang kami libatkan dalam kegiatan bersih-bersih sungai kali ini. Ke depan terus kita sisir terutama di aliran sungai yang kerap muncul tumpukan sampah," kata dia.

Zainal mengatakan bahwa pembersihan sungai akan dilakukan secara rutin guna mencegah terjadinya timbunan sampah dan sedimentasi yang meningkatkan risiko banjir pada musim hujan.

"Kalau debit air sungai melimpah bisa menggenangi permukiman warga, sejumlah kawasan perumahan di sekitar sungai juga ikut kebanjiran," katanya.

Baca juga: PEMKOT BEKASI AKAN BEBASKAN LAHAN SITU BOJONG MENTENG

Baca juga: Ridwan Kamil: Perbaikan Kali Bekasi dikerjakan tahun 2021

Baca juga: Banjir Bekasi, Menteri PUPR siapkan langkah darurat dan jangka panjang

Baca juga: Pemkab Bekasi gandeng penegak hukum tutup sampah ilegal CBL

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021