Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut mengusulkan anggaran sebesar Rp20 miliar ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk membenahi kawasan objek wisata Pantai Santolo di Kecamatan Cikelet, Garut agar lebih nyaman dan indah.

"Ada biaya yang dibutuhkan berapa untuk membangun Pantai Santolo itu, kita usulkan sekitar Rp20 miliar," kata Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut Mamun di Garut, Kamis.

Ia menuturkan Pemkab Garut telah melakukan rencana membangun kawasan objek wisata Pantai Santolo agar lebih baik sehingga membuat pengunjung lebih nyaman dan aman.

Rencana pembangunan itu, kata dia, sudah dibahas bersama dengan TNI Angkatan Udara yang memiliki aset di wilayah itu dan sudah mendapatkan dukungan dari Pemerintah Provinsi Jabar.

Pemkab Garut, lanjut dia, telah membuat perencanaan pembangunan termasuk mengusulkan anggaran kepada pemerintah provinsi untuk mendukung program pengembangan wisata tersebut.

"Kita yang mengusulkan, mereka (provinsi) yang memverifikasi, mereka juga akan membuat perencanaan DED (detail engineering design)," kata Mamun.

Ia menjelaskan anggaran yang diusulkan itu untuk pengembangan daya tarik, fasilitas pendukung pariwisata seperti sentra kuliner, lahan parkir, dan ruang terbuka hijau, termasuk tempat untuk melihat pemandangan pantai.

Menurut dia pengembangan wisata di Pantai Santolo itu sesuai dengan program yang dicanangkan Gubernur Ridwan Kamil untuk menjadikan pariwisata sebagai penggerak pembangunan daerah.

Program itu, lanjut dia, tentu didukung dengan ketersediaan anggaran, untuk itu menjadi kesempatan Pemkab Garut mengusulkan anggaran dalam pengembangan wisata di Pantai Santolo.

"Pak Ridwan Kamil itu menjadikan pariwisata sebagai lokomotif pembangunan di Jawa Barat," katanya.

Baca juga: Pemkab Garut dan TNI AU kerja sama bangun pariwisata di Pantai Santolo

Baca juga: Masyarakat berwisata ke pantai di Garut mengisi liburan

Baca juga: Pantai Santolo Garut paling banyak dikunjungi wisatawan selama akhir tahun

Baca juga: Wabup Garut: Santolo Adventure Trail mampu promosikan sektor pariwisata

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021