Lapas Kelas IIB Cianjur, Jawa Barat, memusnahkan ratusan unit telepon genggam hasil razia dari warga binaan yang dilakukan untuk mencegah peredaran dan pengendalian jaringan narkoba dari dalam lapas yang beberapa bulan terakhir terbongkar atas kerja sama lapas dan kepolisian.

Kepala Lapas Kelas IIB Cianjur, Heri Aris Susila di Cianjur, Sabtu mengatakan, total telepon selular yang berhasil diamankan sebanyak 127 unit itu, merupakan hasil razia selama beberapa bulan terakhir, termasuk 25 charger, 83 power bank dan 173 headset.

"Razia dan pemusnahan ini, kami lakukan untuk memastikan tidak ada penggunaan telepon selular di lingkungan lapas, terlebih digunakan sebagai upaya memudahkan pengendalian narkoba dari dalam lapas yang terus kita perangi," katanya.

Pihaknya menilai selama ini, berbagai cara dilakukan warga binaan kasus narkoba untuk menyelundupkan barang haram ke dalam lapas, termasuk telepon selular, sehingga pihaknya akan memperketat pemeriksaan barang bawaan pembesuk yang hendak masuk ke dalam lapas.

Ditargetkan ke depan tidak ada lagi telepon selular yang bisa masuk ke dalam lapas, sebagai upaya memutus rantai peredaran narkoba berbagai jenis yang beberapa waktu lalu terungkap berasal dari dalam lapas dengan alat bantu telepon selular.

"Kami akan menggencarkan razia hingga tidak ada lagi narapidana di lapas Cianjur yang menggunakan telepon selular. Tidak hanya berhenti saat ini, setelah dilakukan pemusnahan, kita akan perketat pemeriksaan agar tidak ada lagi celah penyeludupan," katanya.

Sebelumnya Lapas Kelas IIB Cianjur, bersama Satnarkoba Polres Cianjur, dua kali berhasil membongkar peredaran narkoba jaringan lapas yang selama ini sulit tersentuh. Sebagian besar pengendali di dalam lapas merupakan warga binaan dengan kasus narkoba menggunakan telepon selular untuk melancarkan aksinya.

Namun kegiatan yang sudah berjalan sejak lama dan sulit disentuh itu, akhirnya terbongkar setelah dua orang oknum petugas di dalam lapas berhasil diringkus beserta barang bukti sabu dan beberapa buah telepon selular yang merupakan penghubung mereka dengan bandar di luar dan pengendali di dalam lapas.

Baca juga: Petugas razia Lapas Sukamiskin sita 71 ponsel pintar dari napi

Baca juga: SATNARKOBA POLRES KUNINGAN RAZIA LAPAS

Baca juga: SATNARKOBA POLRES CIANJUR RAZIA LAPAS

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021