Satuan Polisi (Satpol) Air Polres Sumedang meningkatkan patroli menggunakan kapal untuk menegakkan disiplin protokol kesehatan mencegah wabah COVID-19 bagi wisatawan maupun nelayan di kawasan wisata danau Jatigede, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

"Kehadiran polisi perairan di tengah warga masyarakat pesisir maupun nelayan bendungan Jatigede untuk memberikan rasa aman, tenang, dan nyaman," kata Kepala Satpol Air Polres Sumedang AKP Dodi Supriadi usai melaksanakan patroli di Jatigede, Sumedang, Senin.

Ia menuturkan sejumlah personel Satpol Air melakukan patroli itu dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di kawasan wisata Jatigede.

Selain itu, lanjut dia, jajarannya mengimbau wisatawan, pengelola wisata, maupun masyarakat yang biasa beraktivitas di kawasan itu untuk menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19.

"Anggota berikan imbauan di tempat wisata Jatigede dalam mengantisipasi kerawanan kamtibmas (keamanan ketertiban masyarakat) terutama di wilayah hukum perairan 11 Bendungan Jatigede," katanya.

Ia menyampaikan aturan yang harus dipatuhi pengelola wisata yaitu mencegah kerumunan orang dengan memberlakukan pembatasan jumlah pengunjung di masa pandemi COVID-19.

Selama ini, lanjut dia, penerapan protokol kesehatan salah satu cara untuk bisa mencegah dan memutus penyebaran wabah COVID-19.

"Masyarakat yang sedang beraktivitas di wilayah tersebut agar menggunakan masker pada saat beraktivitas di luar rumah dan agar mematuhi protokol kesehatan," katanya.

Selain di kawasan wisata, sejumlah personel polisi dari masing-masing Polsek juga melaksanakan kegiatan serupa yaitu operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan.




 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021