Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang, Jawa Barat, akan memprioritaskan ribuan tenaga kesehatan untuk divaksin COVID-19 pada program vaksinasi tahap pertama.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Nanik Jodjana di Karawang, Selasa, mengatakan pada tahap awal pendistribusian vaksin COVID-19, Karawang akan menerima 11 ribu vaksin.

"Setelah nanti vaksin kita terima, vaksin langsung dibagi ke 24 rumah sakit, 50 Puskesmas dan 20 klinik swasta," katanya.

Ia menyampaikan, sebanyak 11.000 vaksin COVID-19 tersebut diprioritaskan untuk tenaga kesehatan.

Jadi pada tahap pertama, kata Nanik, vaksin akan diberikan kepada 5.000 tenaga kesehatan terlebih dulu. Sisanya akan dilaksanakan di tahapan selanjutnya.

Menurut dia, prosedur pelaksanaan vaksin ini dimulai dengan pendaftaran atau pencocokan data/list yang sudah terdaftar sekaligus pengukuran suhu tubuh.

Kemudian screening untuk mengetahui adakah kontradiksi yang dimiliki atau gejala-gejala lain seperti riwayat penyakit, selanjutnya tindakan vaksin di lengan kiri peserta dan observasi atau keluhan yang dirasakan setelah tindakan tadi.

Juru bicara COVID-19 Fitra Hergyana mengatakan sejumlah persiapan telah dilakukan supaya pelaksanaan vaksinasi berjalan lancar.

Para petugas dari tenaga kesehatan yang akan ditugaskan dalam pelaksanaan pemberian vaksin COVID-19 berjumlah 856 orang. Terdiri atas 526 orang bidan, 112 perawat dan 318 dokter. 

Baca juga: Pemkab Karawang terus tambah ruang isolasi/perawatan pasien COVID-19

Baca juga: Kasus meninggal akibat COVID-19 di Karawang tambah jadi 230 orang

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Karawang bertambah jadi 6.387 orang

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021