Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, Jawa Barat siap mendorong pengembangan kawasan Perkemahan Embung di Kecamatan Tarogong Kidul menjadi destinasi wisata baru dengan menyiapkan fasilitas penunjang yang mampu menarik pengunjung untuk berwisata secara nyaman dan aman.

"Saya komitmen, bahwa ini akan dapat bantuan dari Pemerintah Kabupaten Garut, masukan dalam RPTK (Rencana Pembangunan Tahunan Kecamatan), misalnya RPTK yang berhubungan dengan menjadikan (tempat) ini sebagai pusat pariwisata yang ada di Tarogong Kidul," kata Bupati Garut Rudy Gunawan di Perkemahan Embung, Desa Cibunar, Tarogong Kidul, Garut, Minggu.

Baca juga: Sebagai Kabupaten Sangat Inovatif, Pemkab Garut raih penghargaan

Ia menuturkan pemerintah telah mencanangkan kawasan Embung yang tidak jauh dari perkotaan Garut menjadi wisata perkemahan yang menarik dengan menyajikan keindahan alam dan embung atau kolam buatan untuk menampung air hujan.

Selama ini, lanjut dia, embung tersebut dibangun dari dana desa yang berfungsi untuk mengairi areal pertanian seluas 100 hektare di daerah itu.

Menurut dia kawasan embung itu memiliki potensi lain yakni di sekitarnya bisa dijadikan bumi perkemahan yang tidak kalah menarik dengan wisata serupa di daerah lain.

"Kalau memang ada komitmen untuk menyerahkan bagaimana caranya lahan 'camping ground' minimal 5.000 meter, maka kita akan buat fasilitas-fasilitasnya," kata Bupati.

Baca juga: Pemkab Garut realisasikan perbaikan 5.937 unit rumah selama 2020

Ia menyampaikan fasilitas yang siap dibantu pemerintah daerah di antaranya membangun tempat mandi, MCK komunal yang banyak, kemudian membuat akses jalan yang bagus dan kuat.

"Nanti pemda membebaskan (lahan untuk jalan) gak ada masalah, ke kiri atau ke kanan 1 meter, jadi ini ada 3 meter, di sini juga ada sesuatu yang kita buatkan lapang parkir," kata Rudy.

Sebelumnya, Pemkab Garut juga telah mencanangkan sejumlah kawasan wisata baru di beberapa desa.

Wisata yang disuguhkan pemerintah daerah itu beragam ada wisata air, pemandangan alam, pantai, maupun pegunungan yang tersebar di beberapa kecamatan.

Baca juga: Pemkab Garut siapkan Rp1 miliar untuk kembangkan wisata air Sirahna

 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Feri Purnama


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020