Denpasar, 7/4 (ANTARA) - Sebanyak 78 utusan dari DPD PDI Perjuangan Jawa Barat mengikuti agenda Kongres III PDI Perjuangan yang pada Rabu ini memasuki agenda sidang komisi yang membahas serta merumuskan sikap politik, organisasi atau Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) dan program partai untuk 2010-2015.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Rudi Harsa Tanaya disela-sela acara Kongres III PDI Perjuangan di Denpasar, Rabu menjelaskan dalam sidang komisi seluruh utusan membahas seluruh permasalahan dan arah partai ke depan. "Berbagai masukan dari seluruh daerah ditampung dalam sidang ini," ujarnya.

Dalam sidang komisi A yang membahas tentang sikap politik partai, Rudi menuturkan, muncul aspirasi kebhinekaan dalam susunan kepengurusan dari daerah Papua dan Aceh. "Ini aspirasi yang muncul sehingga menjadi pembahasan dalam sidang," katanya.

"Mereka dan kami pun setuju bahwa kebhinekaan dan sinerjinya Indonesia Barat dan Timur sangat dibutuhkan sehingga seluruh aspirasi rakyat dapat terakomodir," ujarnya.

Pembahasan lainnya di sidang komisi A adalah PDI Perjuangan melandaskan pada Tri Sakti, ideologi dan semangat juang nasionalisme bangsa dengan kebhinekaan, keberpihakan pada wong cilik dan kemiskinan struktural.

"Lima hal penting ini nantinya akan diuraikan dalam 36 poin yang akan menadi kesimpulan sidang komisi A," katanya.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Herry Mey Oloan Sitompul, menjelaskan pembahasan dalam sidang komisi B berkisar pada pembuatan AD/ART. "Semuanya masih bersifat normatif," katanya.

Namun ada perubahan pada komisi ad hock terkait sanksi dan pelanggaran yang saat ini berubah menjadi bidang tersendiri yang bersifat permanen. "Namanya berubah menjadi bidang kehormatan partai dan berlaku di seluruh tingkatan," katanya.

Sedangkan pembahasan di Komisi C yang membahas tentang program partai, Bendahara DPD PDI Perjuangan, Mathius Tondiontong, menjelaskan pisau analisis yang digunakan adalah Tri Sakti dimana partai wajib berdaulat secara politik, berdikari dalam bidang ekonomi dan berbudaya dalam berkepribadian.

Hasil sidang komisi ini akan dibacakan dalam sidang paripurna yang rencanakan akan dilaksanakan pada Rabu sore. Agenda KOngres III PDI Perjuangan sebelumnya akan berakhir pada Jumat (9/4) namun diperkirakan akan berakhir lebih cepat pada Kamis (8/4) mendatang.

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010