Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mendapat belasan laporan pohon tumbang setelah hujan deras disertai angin kencang melanda sebagian besar wilayah tersebut, mulai dari utara hingga selatan, tiga orang pengendara dilaporkan mengalami luka-luka akibat tertimpa pohon.

"Tiga orang pengendara dan penumpang sepeda motor tertimpa pohon tumbang, saat melintas di Jalan Raya Cipanas-Cianjur, tepatnya di Desa Mekarsari, Kecamatan Cianjur. Ketiganya terdiri dari suami istri dan seorang anaknya," kata Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur, Irfan Sopyan saat dihubungi, Selasa.

Korban yang mengalami luka-luka, langsung dibawa ke RSUD Cianjur, untuk mendapatkan pertolongan medis akibat luka serius dibagian kepala dan badan akibat tertimpa pohon berukuran besar yang tiba-tiba tumbang setelah dihantam angin kencang.

Sedangkan pohon tumbang lainnya, ungkap dia, dilaporkan terjadi di Jalan Raya Cianjur-Puncak, Jalur Cianjur-Bandung, kawasan Pasirgede Raya, Desa Sirnagalih, Kampung Sinagar, Desa Mekargalih Ciranjang, hingga Desa Maleber Kecamatan Karangtengah.

"Namun pihaknya masih menunggu hasil pendataan petugas di lapangan karena sebagian besar relawan di utara dan selatan Cianjur, melaporkan hal yang sama, namun pohon tumbang tidak meyebabkan korban jiwa atau materil. Untuk sementara yang tercatat baru 11 titik," katanya.

Hingga malam menjelang dari beberapa lokasi pohon tumbang yang menutup jalan utama penghubung antar kota seperti di Jalan Raya Puncak-Cipanas, Jalan Raya Bandung-Cianjur dan Jalan Raya Cianjur-Cipanas, sudah dapat dilalui meskipun secara bergantian dari satu arah karena petugas masih berusaha menyingkirkan sisa dahan pohon yang tumbang.

"Kami upakana menjelang tengah malam, seluruh material pohon tumbang sudah dapat disingkirkan dan arus lalulintas dapat kembali melintas normal dari kedua arah di setiap jalur. Petuga gabungan dibantu dinas terkait di Cianjur, provinsi dan psat ikut membantu proses pembersihan," katanya.

Baca juga: Pengendara motor tewas tertimpa tembok ambruk

Baca juga: Truk bermuatan mie jatuh ke jurang di Cianjur, satu orang tewas

Baca juga: Polres Cianjur catat dua orang pemotor tewas dalam satu hari

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020