Pemerintah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, bekerja sama dengan Pembudi Daya Perikanan Ciamis (PPC) mengembangkan pariwisata berbasis perikanan di kawasan bekas kolam renang Tirta Winaya di Kecamatan Ciamis yang nanti terintegrasi dengan konsep wisata lain di Ciamis.

"Saya panggil Kepala Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) untuk menyampaikan rencana pembuatan tempat wisata ini yang terintegrasi dengan wisata prestasi, wisata rekreasi termasuk juga wisata edukasi," kata Bupati Ciamis Herdiat Sunarya saat tebar empat ribu benih ikan koi di bekas kolam renang Tirta Winaya, Kelurahan Sindangrasa, Kecamatan/Kabupaten Ciamis, Jumat.

Ia menuturkan PPC menunjukan keseriusan dalam program pengembangan pariwisata berbasis perikanan dan pembudidayaan ikan dengan memberikan hibah benih ikan koi untuk ditebar di kolam tersebut.

Bupati mengapresiasi gerakan pengurus PPC yang telah berkreasi dan berinovasi dalam mengembangkan budidaya ikan dan pariwisata berbasis perikanan.

"PPC harus bisa lebih berkreasi dan berinovasi untuk pengembangan pembudidayaan perikanan di Ciamis," katanya.

Bupati menginstruksikan kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang menangani pemeliharaan dan pengelolaan tempat wisata agar menjaga benih ikan koi untuk dirawat dan dipelihara sehingga nanti memiliki daya tarik bagi wisatawan.

"Ikan koi ini harus dirawat dan diberi makan, jangan sampai penebaran ini cukup sampai saat ini saja, tapi juga harus diurus biar cepat besar," katanya.

Menurut dia pembudidayaan ikan koi memiliki potensi yang bagus dari segi bisnis karena menjanjikan dengan harganya yang mahal dan peminatnya banyak.

Setelah ada pengembangan wisata perikanan, kata Herdiat, ke depan kawasan wisata Tirta Winaya yang lokasinya tidak jauh dari perkotaan Ciamis bisa menjadi objek wisata yang terintegrasi.

"Diharapkan wisata terintegrasi tersebut bisa diselesaikan di masa jabatan saya nantinya," katanya.

Ketua PPC Hendar Suhendar menambahkan penebaran benih ikan koi itu diharapkan bisa membantu pemerintah untuk mengembangkan pariwisata di Ciamis.

"Saya mengharapkan ikan koi bisa menjadi prioritas dalam pembudidayaan ikan di Kabupaten Ciamis kedepannya," katanya.

Baca juga: Wisata religi di Pesantren Sirnarasa Ciamis capai ribuan pengunjung

Baca juga: Objek wisata di Ciamis akan dibuka setelah PSBB parsial berakhir

Baca juga: Pengusaha bus ikut dorong peningkatan berwisata di Priangan Timur

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020