Pemerintah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, mendorong para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk terus berinovasi agar bisa bangkit di tengah pandemi COVID-19.

"Agar bisa bangkit di tengah pandemi, kami meminta UMKM untuk melakukan inovasi dalam produknya," kata Bupati Cirebon Imron di Cirebon, Rabu.

Imron mengatakan pandemi COVID-19 ini cukup berdampak dalam berbagai hal, terutama sosial ekonomi.

Oleh karena itu, pihaknya akan terus mendorong untuk memulihkan kembali perekonomian di Kabupaten Cirebon dan mengajak UMKM terus melakukan inovasi, agar bisa bangkit di tengah pandemi COVID-19.

Salah satu inovasi yang perlu dilakukan oleh pelaku UMKM ini harus bisa memanfaatkan era digital, dengan menjajakan produksinya melalui daring.

"Kami juga membantu, salah satunya yaitu menggelar pameran produk-produk UMKM," ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Cirebon, kata Imron, memiliki tanggung jawab untuk mendorong kebangkitan UMKM ini. Oleh karena itu, sejumlah langkah juga sudah dilakukan oleh Pemkab Cirebon, untuk mendukung kebangkitan UMKM.

Selain itu pihaknya juga akan mengenalkan sejumlah produk UMKM kepada masyarakat umum, agar mereka bisa mengenal dan membeli produk daerah sendiri.

"Kami juga siap untuk membantu UMKM dalam hal pemasaran. Tapi pelaku usaha UMKM-nya juga, harus ikut berusaha bersama, untuk bisa bangkit dalam masa pandemi ini," katanya.

Baca juga: Kabupaten Cirebon usulkan 140 ribu UMKM peroleh bantuan modal

Baca juga: Pemkab Cirebon fokus pulihkan perekonomian sektor UMKM

Baca juga: Wali Kota Cirebon minta warga beli produk UMKM lokal

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020