Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon, Jawa Barat, meminta semua warga di daerah tersebut untuk membeli produk-produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), dalam rangka meningkatkan perekonomian.

"Kami secara khusus meminta kepada ASN untuk bisa membeli produk-produk yang dihasilkan oleh UMKM di Kota Cirebon," kata Wali Kota Cirebon Nasrudin Azis di Cirebon, Jumat.

Nasrudin mengatakan dengan membeli produk-produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kota Cirebon, diharapkan bisa meningkatkan perekonomian di Kota Wali.

Wali Kota Cirebon menyebutkan bahwa hal itu penting dilakukan terutama pada saat seperti sekarang ini pada masa pandemi COVID-19 yang semua sektor terkena imbasnya.

"Terlebih jika tindakan membeli produk UMKM juga diikuti dan dilakukan bersama-sama oleh seluruh masyarakat Kota Cirebon, pasti akan meningkatkan perekonomian," ujar Nasrudin.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DPKUKM) Kota Cirebon Maharani Dewi mengatakan banyak UMKM yang sangat terimbas adanya wabah virus corona baru atau COVID-19. Baik UMKM yang bergelut dibidang fashion, makanan, kerajinan dan lainnya.

Maharani Dewi mengungkapkan, saat pandemi ini, pendapatan para UMKM juga terjun bebas ada yang 50 persen bahkan 80 persen omsetnya menurun drastis

"Untuk itu kami mencoba memberikan bimbingan kepada mereka agar bisa bangkit dan melakukan inovasi di masa pandemi," katanya

Dia berharap dengan hadirnya pemerintah untuk membantu para UMKM bisa menjadikan sektor tersebut kembali sediakala, namun tentu harus dibarengi dengan inovasi dari para pelakunya sendiri.

Baca juga: Kasus COVID-19 di Cirebon bertambah tujuh dari kontak erat

Baca juga: Konsumsi BBM di Wilayah Cirebon kembali normal

 

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020