Pemkab Cianjur, Jawa Barat, segera mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kemaritiman atau SMK Marine di wilayah selatan Cianjur, untuk menghasilkan lulusan yang khusus mengembangkan berbagai usaha yang berkaitan dengan kemaritiman mulai dari pengolahan ikan hingga pembuatan kapal.

Pjs Bupati Cianjur Dudi Sudrajat Abdulrachim di Cianjur, Rabu, mengatakan rencana mendirikan sekolah khusus kemaritiman di wilayah selatan Jabar termasuk Cianjur selatan, seiring dengan program Pemprov Jabar untuk meningkatkan uji kompetensi siswa dalam menggenjot perekomian di pesisir selatan.

"Jangan sampai siswa di pantai selatan seperti Jayanti yang ingin melakukan uji kopetensi harus keluar daerah sedangkan sarana dan prasarana penunjang sudah  tersedia. Mereka tinggal diberi fasilitas, sehingga dapat melakukan uji kompetensi di wilayah tempat tinggalnya," ungkap Dudi.

Ia menambahkan untuk pembangunan Jabar Selatan khusususnya di Cianjur, akan dilakukan sesuai dengan prioritas wilayah karena tidak mungkin semua kecamatan dibangun dari program Jabar Selatan.

Sedangkan empat program Jabar Selatan lainnya dari provinsi sebagian besar sudah berjalan dan segera terwujud termasuk di selatan Cianjur, seperti SMK Marine, pembangunan infrastruktur, pembangunan pemancar telekomunikasi dan pembangunan fasilitas umum.

Saat ini program Jabar Selatan yang sudah berjalan di Cianjur, ungkap dia, seperti pembangunan infrastruktur, dengan dibangunnya infrastruktur akan memicu pembangunan lain, sehingga dapat mendorong percepatan ekonomi hingga pelosok, termasuk pembangunan menara pemancar untuk memudahkan telekomunikasi masuk hingga pelesok kampung.

Tidak hanya infrastruktur dan menara pemancar, pembangunan fasilitas umum seperti rest area, masjid dan fasilitas lainya di wilayah selatan Cianjur pun sudah mulai berjalan.

"Kami akan melanjutkan program Plt Bupati Cianjur yang belum tuntas agar berjalan maksimal sesuai target," katanya.

Baca juga: BMKG imbau nelayan pantai selatan Cianjur tak melaut sepekan

Baca juga: Nelayan pantai selatan Cianjur berharap bantuan dari pemerintah

Baca juga: Hasil tangkapan nelayan Cianjur anjlok 45 persen

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020