Tasikmalaya, 11/1 (ANTARA) - Wakil bupati sekaligus Ketua Satkorlak Kabupaten Tasikmalaya, HE Hidayat meninjau lokasi kerusakan rumah akibat gempa 5,4 skala richter, Senin.

Wakil bupati bersama rombongan pejabat pemkab Tasikmalaya, meninjau dua Kecamatan Salopa dan Cipatujah yang dilaporkan mengalami kerusakan rumah akibat gempa pada Minggu (10/1) sekitar pukul 07.24 WIB.

Hidayat mengatakan, peninjauan dilakukan untuk mengetahui data dan seberapa besar kerusakan material bangunan rumah warga di dua kecamatan tersebut yang selanjutnya untuk ditindak lanjuti oleh pemerintah daerah.

"Saya belum mengetahui seberapa besar kerusakan akibat gempa kemarin," kata Hidayat di kantor sekretariat daerah sebelum melakukan peninjauan ke lokasi kerusakan gempa.

Namun ia mengatakan jika terdapat data yang akurat murni kerusakan material bangunan rumah akibat gempa Tasikmalaya 5,4 SR, maka pihak pemerintah daerah tentu melakukan penanggulangan bencana bagi korban gempa.
"Makanya saya perlu tahu dulu dan sekarang (Senin) melakukan peninjauan," katanya.

Sementara itu, gempa Tasikmalaya pada 5,4 SR telah merusak sebanyak 28 rumah penduduk, 26 rumah di Kecamatan Cipatujah dan dua rumah di Kecamatan Salopa.

Menurut camat Cipatujah, Nazmudin Aziz, mengatakan sebanyak enam rumah mengalami rumah rusak berat dan sisanya 20 unit rumah mengalami rusak sedang dan ringan.

"Data akurat belum bisa kami sampaikan, karena masih melakukan pendataan, namun yang baru dilaporkan telah terjadi kerusakan rumah akibat gempa," katanya.

Sementara itu guncangan gempa berkekuatan 5,4 sekala richter berada di posisi 8.02 Lintang Selatan (LS) - 107.91 Bujur Timur (BT) atau berada sekitar 84 km barat daya Tasikmalaya, Jabar, dengan kedalaman 14 kilometer.

Feri Purnama
(U.PK-FPM/B/Z003/Z003) 11-01-2010 13:48:47

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010