Aksi Cepat Tanggap ( ACT) dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Maluku berhasil menggalang dana sebesar Rp6,97 juta untuk diberikan kepada para korban banjir bandang di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

“Dana tersebut kami dapatkan dari aksi galang donasi di seputaran Batu Merah dan Jl. Sultan Babullah, Kota Ambon hari ini," kata Kepala Cabang ACT Maluku, Wahab Loilatu, di Ambon, Jumat.

Ia mengungkapkan banjir bandang yang menerjang Kecamatan Cicurung, Sukabumi, Senin (21/9) tercatat ratusan rumah terendam, dan belasan rumah serta kendaraan hanyut, lebih dari 971 jiwa di lima desa yang terdampak dan beberapa wilayah di antaranya masih terperangkap banjir.

Sehubungan dengan musibah itu, ACT-MRI Maluku pun menggalang donasi dalam bentuk Maluku Peduli Banjir Sukabumi, melibatkan 36 relawan.
ACT-MRI Maluku melakukan aksi galang dana di Kota Ambon, Maluku, Senin. Dana itu untuk membantu korban banjir bandang di Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat (Maya)

Ali Hataul, Koordinator Lapangan, menuturkan, aksi itu dilakukan untuk membantu para korban di tempat pengungsian, yang saat ini membutuhkan bahan pangan, pakaian dan bantuan lainnya.

“Semoga dengan dana yang terkumpul ini bisa sedikit membantu saudara-saudara kita di tempat pengungsian. Saya juga berterima kasih kepada masyarakat Maluku yang sudah berdonasi, membantu para korban banjir di Sukabumi," katanya.

Ia menambahkan melalui laman Maluku Indonesia Dermawan, masyarakat bisa menyalurkan dana bantuan, sedangkan bantuan dalam bentuk barang bisa dikirim ke Kantor Cabang ACT Maluku di Jl. Mutiara, No.57 Kelurahan Rijali, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

Baca juga: BNPB sebut banjir bandang Sukabumi akibat luapan Sungai Citarik-Cipeucit

Baca juga: Pemkab Sukabumi tetapkan tanggap darurat banjir hingga 27 September 2020

Baca juga: BPBD catat data sementara rumah terdampak banjir 289 unit

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020