Pengelola hotel di kawasan Puncak-Cianjur, Jawa Barat, memberikan sejumlah kemudahan dan jaminan bagi wisatawan yang hendak berkunjung, salah satunya memberikan potongan harga dan jaminan kesehatan selama berada di kawasan rendah penyebaran.

"Untuk meningkatkan kembali angka kunjungan selama PSBB Jakarta dan sejumlah wilayah lainnya, pengelola melakukan berbagai promo mulai dari diskon hingga jaminan pemeriksaan kesehatan," kata Ketua PHRI Cianjur, Nano Indra Praja saat dihubungi di Cianjur, Rabu.

Ia mengatakan sejak penetapan kembali PSBB Jakarta, tingkat kunjungan wisatawan mengalami penurunan yang cukup tajam, terutama pada akhir pekan yang hanya mencapai 20 persen dibandingkan pekan sebelumnya.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan kembali tingkat hunian tamu, yang pada akhir pekan hanya mencapai sekitar 20 sampai 30 kamar yang terisi, dan pada hari kerja hanya 10 sampai 15 kamar yang terisi, maka kebijakan promo ini dilakukan.

Nano memastikan penerapan protokol kesehatan di masing-masing hotel dan restoran di kawasan tersebut tetap diperketat, mulai dari pemeriksaan suhu tubuh, menggunakan masker dan rajin mencuci tangan setelah beraktivitas di luar kamar.

Beberapa promo yang ditawarkan pengelola hotel di Puncak-Cianjur antara lain penetapan harga murah serta tawaran untuk bekerja dari hotel atau Work From Hotel maupun belajar daring di hotel seperti yang diberikan Le Eminence Hotel.

Markom Manager Le Eminence Hotel M Rizky Sutrisna mengatakan tingkat kunjungan ke hotel baru mengalami peningkatan sejak dua hari terakhir, setelah berbagai promo diberikan untuk tamu yang datang, termasuk pemeriksaan kesehatan hingga jaminan kesehatan lingkungan dari Satgas COVID-19 Cianjur.

"Pekan pertama tepatnya hari biasa setelah PSBB Jakarta, tingkat kunjungan terjun bebas, namun seiring dengan berbagai promo yang diberikan untuk Work From Hotel yang kami berikan ada peningkatan angka kunjungan, setiap harinya ada 15 sampai 20 kamar yang terisi," katanya.

Berbagai fasilitas juga diberikan pihak hotel bagi tamu yang mengambil berbagai promo tersebut, termasuk promo sekolah dari hotel, seperti printer dan mesin fotokopi, serta alat penunjang kerja layaknya di kantor atau di sekolah.

"Tentunya dengan harga paket yang menggiurkan seperti harga kamar yang biasa ditawarkan Rp2 juta per malam turun menjadi Rp900 ribu per malam ditambah kemudahan layaknya di kantor atau sekolah, ditambah dengan makanan atau minuman yang biasa tersedia di kantor secara gratis," katanya.

Baca juga: Polres Cianjur dalami temuan biji plastik dalam beras BPNT

Baca juga: KPU tetapkan empat pasangan calon yang maju Pilkada Cianjur 2020



 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020