Pemerintah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menjalin kerja sama dengan PT Pos untuk membantu tugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam mengirimkan dokumen kependudukan warga ke rumahnya masing-masing dalam rangka meningkatkan pelayanan publik di tengah pandemi COVID-19.

"Alhamdulillah PT Pos Giro membantu tugas ASN untuk lebih cepat, dan terarah menyampaikan dokumen kepada masyarakat dengan senantiasa tetap memperhatikan protokol kesehatan," kata Bupati Ciamis Herdiat Sunarya saat peluncuran pengiriman dokumen administrasi kependudukan oleh petugas Pos di Pendopo Ciamis, Jumat.

Ia menuturkan, kerja sama dengan PT Pos Ciamis itu upaya dinas dalam melayani pembuatan dokumen kependudukan kepada masyarakat, sehingga masyarakat tidak perlu mengambilnya di kantor dinas dalam situasi wabah COVID-19 ini.

Petugas Pos, lanjut dia, akan mengantar langsung seluruh dokumen kependudukan masyarakat Ciamis dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan saat bertugas di lapangan.

"Para Laskar Pos yang akan mengantar dokumen ke masyarakat harus tetap waspada dan tetap memperhatikan protokol kesehatan, memakai masker, menghindari kerumunan dan phisical distancing agar kita sama-sama menekan angka konfirmasi COVID-19 di Ciamis," kata Herdiat.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis, Agus Ali Akbar menambahkan, program kerja sama itu upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran wabah COVID-19 di Ciamis.

Saat ini, kata dia, ada 26 ribuan dokumen kependudukan warga Ciamis yang dikeluarkan dinas dan didistribusikan langsung oleh petugas Pos kepada masyarakat di 27 kecamatan.

"Dokumen-dokumen tersebut terdiri dari kartu keluarga, KTP elektronik, KIA dan akta kelahiran yang akan didistribusikan ke 27 kecamatan di Kabupaten Ciamis," katanya.

Baca juga: Pemkot Bogor dan Pos Indonesia salurkan bansos tahap II

Baca juga: 127 ribu KTP elektronik warga Bekasi diantar langsung via pos

Baca juga: Wali Kota Depok: Kantor Pos bertanggung jawab distribusi bansos

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020