BPJS Kesehatan Cabang Cikarang menggunakan Pelayanan Administrasi via Aplikasi WhatsApp, yang disingkat Pandawa, untuk membatasi pelayanan peserta di kantor cabang guna meminimalkan risiko penularan COVID-19.

"Melalui Pandawa ini warga Kabupaten Bekasi dapat menghubungi BPJS Kesehatan Cabang Cikarang via WA di nomor 081386663332," kata Kepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Cikarang Nurifansyah di Cikarang, Kamis.

"Dengan Pandawa ini, pelayanan kami lakukan tanpa melalui tatap muka sehingga lebih nyaman dan aman," katanya.

Menurut dia, ada 10 layanan dengan kode berbeda yang dapat diakses melalui Pandawa, termasuk pendaftaran peserta baru dengan kode layanan A, penambahan anggota keluarga (B), pendaftaran bayi baru lahir (C), perubahan segmen (D), dan perubahan identitas (E).

Pandawa juga mencakup layanan perubahan gaji golongan (F), perubahan fasilitas kesehatan tingkat pertama (G), penonaktifan peserta meninggal (H), perbaikan data ganda (I), dan pengaktifan kembali kartu peserta (J).

"Warga yang hendak mengurus BPJS Kesehatan melalui Pandawa ini dapat menggunakan format yaitu nama pelapor spasi nama peserta spasi nomor kartu atau KTP spasi nomor HP dan kode layanan. Misalnya perubahan identitas berarti kodenya E, pendaftaran bayi baru lahir kodenya C, dan seterusnya," kata Ifan.

Ia mengatakan bahwa setiap pengajuan pelayanan menggunakan Pandawa diupayakan selesai pada hari pengajuan.

"Jadi seluruh administrasinya selesai hari itu juga. Namun pelayanan WA-nya sesuai jam kerja dari jam 08.00 pagi sampai 15.00 sore. Kalau lebih dari jam segitu ya dilayani keesokan harinya," katanya.

Menurut dia, penggunaan Pandawa efektif mengurangi jumlah peserta yang mendatangi Kantor BPJS Kesehatan Cabang Cikarang.

"Jumlah peserta yang kami layani di kantor itu biasanya sampai sekitar 200 orang lebih. Sekarang paling hanya 60 sampai 70 orang, sisanya pakai yang Pandawa itu," katanya.

Ifan menambahkan layanan via WA melengkapi pelayanan jarak jauh yang disediakan BPJS Kesehatan, seperti Mobile JKN dan BPJS Kesehatan Care Center via telepon 1500-400.

"Karena banyak yang minta yang lebih sederhana via WA, jadi dibuka layanan via WA," kata dia.

Baca juga: BPJS Kesehatan Kabupaten Bekasi dukung vaksin gratis COVID-19

Baca juga: Vaksin COVID-19 gratis berdasarkan data BPJS Kesehatan

Baca juga: 236.893 pekerja di Bandung diusulkan dapat subsidi upah

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020