Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut siap menyalurkan dana bantuan program Corporate Social Responsibility (CSR) dari perbankan untuk membantu pembangunan rumah tidak layak huni (rutilahu) dan masjid di kawasan perkotaan Garut yang selama ini membutuhkan bantuan itu.

"Bantuan CSR yang saat ini dialokasikan untuk pembangunan masjid di wilayah Kecamatan Garut Kota dan pembangunan beberapa rutilahu," kata Bupati Garut Rudy Gunawan usai menerima bantuan CSR di Garut Command Center kompleks Pendopo Garut, Jumat.

Ia menuturkan, program CSR itu bersumber dari Bank Jabar Banten (BJB) yang mengucurkan bantuannya berupa barang dalam pencegahan wabah virus corona serta uang untuk rutilahu dan masjid.

Baca juga: Diskominfo Garut kerahkan unit mobil MCAP sosialisasikan bahaya COVID-19

Ia berharap, adanya kepedulian sosial selain dari pemerintah daerah itu bisa membantu meringankan beban hidup masyarakat yang kurang mampu.

"Dengan bantuan ini merupakan bagian dari penguatan untuk masyarakat yang bersumber dari dana CSR," kata Rudy.

Bantuan yang disalurkan BJB yakni senilai Rp50 juta berbentuk barang berupa susu, sabun, dan "hand sanitizer" serta uang sebesar Rp137 juta yang diserahkan langsung kepada Bupati Garut Rudy Gunawan di halaman Gedung Garut Command Center.

Baca juga: Di Garut, dua orang status PDP COVID-19 meninggal dunia

Kepala Bank BJB Cabang Garut, Maman Rukmana, mengatakan, bantuan yang disalurkan merupakan tanggung jawab sosial dan lingkungan dari perusahaan kepada warga Garut, terutama dalam penanganan wabah corona.

"Kami menyerahkan CSR yang memang itu menjadi alokasi pemerintah daerah yang telah mendapat persetujuan kantor pusat untuk dicairkan ke penerima CSR," kata Maman.

Baca juga: RSUD Garut masih rawat satu pasien positif COVID-19
 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020