Sebanyak 10 pasar tradisional yang berada di Kota Cirebon, Jawa Barat, dipasang tempat cuci tangan untuk mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19.

"Kita pasang tempat cuci tangan di 10 pasar tradisional yang berada di Kota Cirebon," kata Direktur Umum Perumda Pasar Berintan Kota Cirebon Dudung Abdul Rifa’i di Cirebon, Jumat.

Dudung mengatakan untuk jumlah tempat cuci tangan atau wastafel yang dipasang di masing-masing pasar berbeda-beda, ada satu, dua dan juga tiga semua tergantung dari kebutuhannya.

Nantinya pembeli maupun pedagang bisa mencuci tangan di wastafel tersebut dengan sabun antiseptik yang disediakan dan air mengalir.

Dia menambahkan tidak hanya dipasang pencuci tangan, namun pihaknya juga memasang spanduk-spanduk imbauan di masing-masing pasar.

"Imbauan tersebut di antaranya berisi agar masyarakat senantiasa menjaga kebersihan, menerapkan pola hidup sehat dan memakai masker," ujarnya.

Selain itu untuk kebersihan pasar, Dudung mengungkapkan jika pihaknya secara rutin bergotong royong baik dengan pedagang pasar maupun komunitas cinta Kota Cirebon melakukan bersih-bersih pasar.

Sementara Kepala Pasar Kramat Adang Sudrajat mengaku pemasangan wastafel sangat bermanfaat untuk menjaga kebersihan diri.

"Tidak hanya bermanfaat bagi pedagang namun juga bagi pengunjung. Semoga kita semua selalu dalam kondisi sehat," katanya.

Baca juga: Kabar pasar tradisional ditutup, dibantah Wali Kota Cirebon

Baca juga: Korban meninggal kecelakaan di Cirebon bertambah jadi dua orang


 

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020