Ditengah langka dan mahalnya cairan pembersih tangan, Polres Cianjur, Jawa Barat meracik hand sanitizer yang dibagikan ke berbagai kalangan masyarakat di Cianjur, untuk memudahkan warga mendapatkan cairan pembersih dan pencegah COVID-19.

Baca juga: Polres Cianjur cek suhu badan anggota kepolisian dan pewarta

"Kami meracik sendiri cairan pembersih tangan yang akan dibagikan secara cuma-cuma ke berbagai kalangan masyarakat, fungsinya untuk mengantisipasi warga terpapar COVID-19," kata Kapolres Cianjur AKBP Juang Andi Priyanto kepada wartawan, Kamis.

Baca juga: Tempat wisata milik Pemda Cianjur ditutup sementara antisipasi COVID-19

Ia menjelaskan, berbagai program dilakukan pihaknya membantu pemerintah dalam pencegahan COVID-19 dan langsung dirasakan warga. Bahkan dirinya ikut serta meracik cairan pembersih tangan ala tim Polres Cianjur itu.

"Ini kami lakukan untuk menciptakan rasa tenang bagi warga Cianjur terkait kebutuhan cairan pembersih tangan guna menghindari terpapar virus. Bagi yang membutuhkan silakan hubungi Polres Cianjur," katanya.

Sebelum membuat cairan pembersih tangan, Polres Cianjur mendirikan posko siaga COVID-19 dan menyiagakan Corona Response Team (CRT) yang bertugas selama 24 jam secara bergantian.

Cairan pembersih tangan buatan Polres Cianjur menggunakan bahan dasar alkohol dan bahan-bahan herbal, karena dinilai dapat membunuh berbagai macam virus yang menempel di tangan.

"Kami tetap menganjurkan warga untuk menerapkan pola hidup sehat di lingkungan rumah dan lingkungan sekitar. Lebih baik mencuci tangan dengan sabun dan cairan pembersih digunakan pada saat tertentu ketika tidak ada air dan sabun," katanya pula.

Baca juga: Dishub Cianjur lakukan penyemprotan disinfektan ratusan unit angkot

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020