Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mencatat sekitar 600 pencari kerja sudah ditempatkan di sejumlah perusahaan setelah memasukkan lamaran pada Cianjur Job Fair 2019.

"Kami baru mendapat laporan dari 10 perusahaan terkait perekrutan karyawan baru yang sudah mencapai 600 orang," kata Kabid Penempatan Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja, Disnakertrans Cianjur, Ricky Abdi Hikmat di Cianjur, Jumat.

Sebanyak 20 perusahaan lainnya belum memberikan laporan karena masih melakukan proses seleksi perekrutan. Ratusan pencari kerja tersebut tersebar di PT Fasic, PT Trisik dan beberapa perusahaan lain.

Job fair yang diadakan akhir tahun ungkap dia, dihadiri 4 ribu pencari kerja dengan 30 perusahaan sebagai peserta dan menyediakan 2.500 lowongan pekerjaan berbagai bidang.

"Setiap perusahaan yang mengikuti job fair atau yang berada di Cianjur harus memberikan laporan terkait penempatan kerja, sebagai bentuk upaya menekan jumlah  pengangguran terbuka," katanya.

Pihaknya berharap setiap tahun dapat menekan angka pengangguran seiring dengan tingginya investasi yang terbuka luas bagi perusahaan untuk melakukan pengembangan di wilayah Cianjur.

"Hingga awal tahun di Cianjur tercatat 973 perusahaan, terdiri dari 111 perusahaan besar, 85 sedang, 190 menengah dan 587 perusahaan kecil. Semoga setiap tahun masing-masing dapat menerima pegawai baru," katanya.

Baca juga: 3.499 pelamar dapat pekerjaan dalam Job Fair Cianjur

Baca juga: Kalangan milenial padati Bursa Kerja 2019 di Disnakertans Jabar

 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020