Pemkab Cianjur, Jawa Barat, tahun depan akan membangun satu rumah sakit dan tiga puskesmas baru sebagai upaya meningkatan pelayanan kesehatan di sejumlah wilayah.

"Rumah sakit yang akan dibangun terletak di Kecamatan Ciranjang, tahun depan pembangunan rumah sakit tipe D tersebut akan dimulai," kata Plt Bupati Cianjur Herman Suherman di Cianjur, Rabu.

Ia menjelaskan, dipersiapkan rumah sakit di wilayah tersebut untuk menunjang kawasan Cianjur timur sebagai pintu keluar atau exit tol Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung karena secara otomatis kawasan Ciranjang akan menjadi pusat perekonomian.

Sementara untuk meningkatkan pelayanan dan mendekatkan pelayanan kesehatan bagi warga di wilayah selatan, ucap dia, pihaknya juga akan membangun rumah sakit di Kecamatan Sindangbarang.

"Untuk RS di Sindangbarang, pembangunannya akan diserahkan ke Pemrov Jawa Barat, karena lokasinya berada di jalur provinsi dan kemungkinan akan jadi fasilitas utama ketika pemekaran Cianjur selatan terealisasi," katanya.

Untuk pembangunan rumah sakit di pesisir pantai selatan itu, ujar dia, sudah diserahkan ke provinsi, termasuk dokumennya. Tujuannya untuk persiapan ke depan ketika Cianjur selatan menjadi daerah otonomi baru (DOB)," katanya.

Bahkan di tahun yang sama, pihaknya akan membangun tiga puskesmas baru, yakni Puskesmas Cibuluh, Sukasari dan Kalapanunggal. Saat ini, ucap dia, Cianjur sudah memiliki 45 puskesmas yang seluruhnya sudah terakreditasi.

"Tiga tambahan puskesmas baru akan dibangun tahun depan dan segera ditargetkan untuk akreditasi agar pelayanan kesehatan untuk masyarakat di wilayah terujung lebih optimal," katanya.

Baca juga: Polres Cianjur tempatkan anggotanya jaga sejumlah gereja

Baca juga: Satu keluarga tertimbun berhasil dievakuasi Polres Cianjur


 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019