Institut Koperasi Indonesia (Ikopin) Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, menandatangani nota kesepahaman dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski) Bandung untuk membangun ekonomi bangsa dengan menyiapkan mahasiswa sebagai generasi bangsa yang sehat dan unggul sehingga memiliki kemampuan untuk bersaing di era globalisasi.

"Kalau kita sehat maka bicara ekonomi akan sehat, akan sejahtera, mudah-mudahan," kata Wakil Rektor Ikopin Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr Sugianto saat kegiatan penandatanganan nota kesepahaman dengan Perdoski di Kampus Ikopin, Jatinangor, Sumedang, Sabtu.

Ia menuturkan, Ikopin merasa beruntung bisa menjalin kerja sama dengan Perdoski Bandung untuk menyampaikan tentang berbagai persoalan penyakit menular seperti HIV aids dan upaya pencegahannya kepada mahasiswa Ikopin.

Menurut dia, gerakan Perdoski itu memberikan manfaat bagi mahasiswa Ikopin agar memiliki dan meningkatkan kesadaran menjaga kesehatan diri agar menjadi generasi sehat, unggul dan memiliki kemampuan untuk membangun negeri.

"Kita melihat berbagai perspektif ini sangat bermanfaat, bagi kami penting agar mahasiswa mempersiapkan diri sebagai generasi yang saya sebut generasi unggul, kalau tidak didukung sisi kesehatan percuma," katanya.

Ia menyampaikan, upaya mewujudkan generasi yang unggul merupakan tanggung jawab semua pihak, termasuk perguruan tinggi dalam mencegah bahaya penyakit menular.

Ia berharap, program sosialisasi kesehatan dan pencegahan tentang penyakit menular bisa menjadi perhatian serius oleh kalangan mahasiswa di Ikopin, umumnya seluruh Indonesia.

"Keyakinan Ikopin punya cita-cita tinggi karena kami punya visi bagaimana koperasi ini bisa mengembangkan perekonomian," katanya.

Ketua Perdoski Bandung, dr Yanto Widianto menyatakan, kesehatan itu penting bagi kehidupan manusia sehingga perlu diperhatikan agar tidak terserang penyakit, terutama penyakit menular seperti HIV Aids yang saat ini sedang disosialisasikan kepada mahasiswa Ikopin.

Ia mengatakan, mahasiswa sebagai generasi bangsa harus sehat dan memiliki pengetahuan berbagai ancaman bahaya penyakit menular yang selama ini ditularkan akibat pergaulan seks bebas dan narkoba.

Ia berharap, generasi bangsa Indonesia selalu memperhatikan kesehatan dan mampu mencegah berbagai penyakit menular sehingga nantinya menjadi manusia unggul yang mampu membangun bangsa.

"Bangsa yang unggul adalah bangsa yang sehat, ekonomi pun sehat," katanya.

Baca juga: Pemkab Sumedang-Ikopin terus dorong UMKM melek pasar digital

Baca juga: MUI Jabar dan Ikopin dorong milenial untuk gerakkan ekonomi syariah

 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Feri Purnama


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019