Kendati berada di tengah pemukiman warga lapis menengah, Warung Wakaf yang berada di Masjid Al-Latief, Pesona Cinere Residence, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat bukan sekadar menjadi tempat berbelanja kaum berada. Usaha ritel berbasis wakaf tersebut juga membantu menopang ekonomi warga prasejahtera.

Tak jauh dari lingkungan kompleks perumahan dan Masjid Al Latief, terdapat pemukiman yang dihuni warga prasejahtera. Mereka mayoritas pekerja serabutan juga puluhan anak yatim. Selama empat tahun terakhir, 29 anak yatim di pemukiman tersebut rutin diberikan santunan oleh Masjid Al Latief. Kini, pengurus Masjid Al Latief juga memanfaatkan warung wakaf yang mereka kelola sejak Januari lalu untuk menopang kegiatan sosial tersebut.

“Kegiatan amal dari pihak masjid itu sendiri sudah berjalan sebelum adanya warung wakaf. Setelah adanya warung wakaf di lingkungan kompleks, 50 persen santunannya diubah jadi voucher untuk belanja di warung wakaf,” ujar Intishor Jundi selaku Koordinator Warung Wakaf di Jabodetabek.

Selain 29 orang anak yatim dari keluarga prasejahtera yang juga sering mengaji di Masjid Al Latief, penerima manfaat dari voucher santunan ini juga diberikan kepada warga sekitar yang kurang mampu, marbot masjid, dan satpam kompleks. Dana santunan tersebut merupakan buah kedermawanan dari warga kompleks juga donatur lain di luar kompleks.

Salah satu dari dermawan itu adalah H. Andre, warga Pesona Cinere Residence. Ia memberikan sumbangan berupa sembako yang dibeli melalui warung wakaf untuk diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan.

“Dengan adanya warung wakaf di masjid ini, kami bisa mengajak masyarakat yang tadinya hanya niat berbelanja, bisa sekalian beramal. Ini inovasi yang baru dalam berwakaf, jadi dapat membantu perekonomian umat Muslim serta membantu masyarakat yang membutuhkan dengan cara berbelanja di warung wakaf,” ujar H. Andre.

Baca juga: ACT rayakan Idul Fitri bersama anak yatim Suriah

Baca juga: Lebih kenal wakaf produktif, ACT luncurkan 'Warung Wakaf Mobile'

 

Pewarta: ACT

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019