Kepolisian Resor Kota (Polresta) Cirebon, Jawa Barat, menerjunkan tim Urusan Kesehatan (Urkes) untuk mengecek kondisi para personel yang bertugas melakukan pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

"Kita memang sudah menerjunkan tim kesehatan untuk para personel yang mendapatkan tugas menjaga Pemilu," kata Kapolresta Cirebon AKBP Roland Ronaldy di Cirebon, Sabtu.

Menurut Roland sejak H-1 Pemilu serentak 2019, Polres Cirebon Kota telah menerjunkan tim Urusan Kesehatan (Urkes) untuk mengecek kondisi kesehatan para personel.

Hal tersebut untuk memastikan keadaan fisik para petugas selalu terjaga, karena tugas pengamanan ini termasuk lama dan membutuhkan fisik yang kuat.

"Ini jangka waktunya cukup lama, karena itu kondisi fisik dan kesehatan harus terus dijaga dan kita satu hari sebelum pencoblosan sudah menerjunkan tim Urkes untuk memeriksa kesehatan para personel yang bertugas di lapangan," ujarnya.

Rolnd mengatakan bahwa seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan Pemilu perlu dicek kondisi fisiknya agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

Tidak hanya pengecekan kesehatan, seperti tensi darah dan pemberian vitamin, Urkes Polresta Cirebon juga menyiapkan program pemulihan untuk menjaga psikologis personel di lapangan.

Kepada anggota, Kapolres berpesan agar tetap menjaga kesehatan dan jika lepas piket, maka pergunakan waktu dengan baik untuk beristirahat

"Pesan saya kepada anggota agar tetap menjaga kesehatan mengingat tugas untuk keamanan Pemilu ini lama jadi gunakan waktu jika sedang tidak piket untuk beristirahat," kata Roland.*

Baca juga: Bertugas amankan TPS, seorang angota Polres Indramayu meninggal

Baca juga: 9 polisi gugur saat tugas amankan Pemilu

 

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019