Cianjur (ANTARA) - Jalur Kereta Api (KA) Cianjur-Ciranjang, Jawa Barat, segera difungsikan setelah reaktivasi selesai dilakukan dan tinggal menunggu uji coba dan peresmian oleh Kementerian Perhubungan.

Kepala Stasiun Cianjur, Narizal di Cianjur Jumat, mengatakan reaktivasi jalur kereta api Cianjur-Ciranjang sangat penting untuk menghubungkan transportasi kereta api dari Bogor ke Bandung dan Cianjur.

"Reaktivtasi jalur Cianjur-Ciranjang itu, merupakan tahapan pertama, nantinya akan di lanjut Ciranjang-Padalarang. Sejauh ini proses reaktivasi jalur tersebut berjalan cukup baik, tidak ada kendala yang berarti," katanya.

Ia menjelaskan, untuk melakukan uji coba pihaknya sudah melakukan penyisiran jalur dan tidak ditemukan adanya masalah serius di jalur KA Cianjur-Ciranjang yang membentang mulai dari Stasiun Sinar hingga Pasar Ciranjang.

"Uji Coba jalur tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat. Setelah uji coba dilakukan baru diresmikan, namun kami belum tahu pasti waktunya karena menunggu keputusan dari Humas Daop II Bandung," katanya.

Ia menambahkan, di sepanjang jalur KA Cianjur-Ciranjang banyak ditemukan jalan yang aktif tanpa palang pintu kereta, sehingga hal tersebut sangat berbahaya dan harus segera dilakukan penambahan.

"Kami sudah mensosialisasikan hal tersebut ke masyarakat di sekitar lintasan, agar setiap kepala daerah berinisiatif untuk membangun palang pintu secara swadaya kerena palang pintu di jalan ilegal bukan wewenang kami," katanya.

Sedangkan untuk proses reaktivitasi jalur Ciranjang-Padalarang akan di kerjakan tahun ini."Mudah-mudah reativitasi Ciranjang-Padalarang segera rampung akhir tahun," katanya.

Baca juga: Komunitas railfans Cianjur bantu petugas posko stasiun

Baca juga: Terjadi pergerakan tanah di Cidaun Cianjur, puluhan orang mengungsi

Baca juga: Pemkab Cianjur jadikan sektor wisata penghasil PAD unggulan

 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019