Cianjur (Antaranews Jabar) - Relawan dari Komunitas Railfans membantu petugas posko di stasiun kereta api Cianjur, Jawa Barat, dalam melayani penumpang yang jumlahnya meningkat menjelang akhir tahun 2018.

Kepala Stasiun Cianjur, Nurizal di Cianjur, Rabu, mengatakan sejak memasuki libur akhir tahun, stasiun Cianjur mengalami peningkatan penumpang sekitar 50 persen terhitung sejak dibuka posko liburan natal dan tahun baru.

"Biasa penumpang dari Cianjur menuju Sukabumi hanya 300 sampai 400 orang, namun saat memasuki libur panjang akhir tahun, penumpang kerata api di stasiun Cianjur mencapai 600 hingga 700 orang per sekali pemberangkatan," katanya.

Ia menjelaskan, Railfans adalah komunitas pecinta kereta api dan sebagian besar anggotanya dari kalangan pelajar yang terbentuk tahun 2015.

"Mereka punya seragam sendiri dan mereka terkadang membantu petugas selama masa posko lebaran dan posko libur panjang seperti saat ini," katanya.

Wakil Ketua Railfans, Rifqi mengatakan, anggota Railfans membantu petugas stasiun hanya pada saat masa posko dan tergantung momen. "Dalam satu hari, petugas dibagi menjadi dua shift, pagi dan siang," katanya.

Railfans Cianjur bermula dari perkumpulan pecinta kereta api dengan kegiatan befoto di sekitar stasiun hingga kemudian dirangkul kepala stasiun.

"Saat ini anggota aktif railfans Cianjur sekitar 70 orang terdiri berbagai macam kalangan dan kebanyakan dari kalangan pelajar di Cianjur," katanya.

Anggota Railfans tersebut ditempatkan di setiap stasiun yang ada di Cianjur untuk membantu petugas PT KAI dalam melayani calon penumpang.

"Railfans Cianjur pernah diundang Menteri Perhubungan ke Jakarta dan menerima penghargaan. Railfans Cianjur akan terus menambah jumlah anggota karena banyak yang ingin bergabung," kata Rifqi.

 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018