Tasikmalaya (Antaranews Jabar) - Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto menyatakan, yakin adanya Jalan Tol Cigatas (Cileunyi-Garut-Tasikmalaya) yang sedang dalam tahapan pembangunan akan menumbuhkan perekonomian di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, karena akan mempercepat waktu mobilisasi.

"Tentu adanya Tol Cigatas nanti akan banyak memberikan dampak positif, terutama aspek ekonomi," kata Ade Sugianto di Tasikmalaya, Rabu.

Ia menuturkan, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya sangat berharap adanya tol ke daerah Priangan Timur untuk mempercepat akses ke kota besar seperti, Bandung dan Jakarta.

Ia berharap, tol yang diberi nama Cigatas itu secepatnya direalisasikan karena nanti orang Tasikmalaya maupun dari kota besar hanya dapat menempuh perjalanan sekitar satu jam dari biasanya tiga jam Bandung-Tasikmalaya.

Baca juga: Wagub Jabar: tol Cigatas perlancar distribusi logistik Priangan Timur

"Cigatas ini akan mempercepat pertumbuhan di Tasikmalaya, karena tol itu akan memangkas waktu tempuh dari tiga jam menjadi satu jaman," katanya.

Ia berharap, gerbang Tol Cigatas di Kabupaten Tasikmalaya ada di daerah Ciawi atau Kadipaten yang dampak positifnya akan dirasakan langsung oleh masyarakat sekitar.

"Kami harap exit tol ada di daerah Ciawi atau Kadipaten," katanya.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Tasikmalaya Asep Dzulfikri menyatakan, legislatif mendukung program pembangunan Tol Cigatas karena akan mendongkrak sektor pariwisata.

Pemerintah daerah, kata dia, harus menyambutnya sebagai peluang yang dapat mendongkrak potensi daerah, untuk itu harus dipersiapkan infrastruktur penunjangnya.

"Harus dipersiapkan di beberapa bidang infrastruktur, terutama infrastruktur penunjang pariwisata," katanya.

Baca juga: Studi kelaikan Tol Cigatas selesai dibahas

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Feri Purnama


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019