Bandung (Antaranews Jabar) - Anggota DPRD Kota Bandung Folmer Silalahi mendesaka Wali Kota Oded M. Danial segera menentukan sekretaris daerah (sekda) definitif agar roda pemerintahan tidak terganggu.

"Kita tidak akan intervensi siapa sekdanya, tetapi perlu secepatnya dilantik sekda definitif," ujar Folmer, anggota komisi C DPRD Kota Bandung, yang dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa.

Posisi sekda hingga saat ini masih menjadi polemik hingga Oded harus mengajukan tiga kali penggantian baik berstatus pejabat (Pj) maupun pelaksana harian (Plh). Ketiganya yakni Dadang Supriatna, Evi Shaleha, dan Ema Sumarna.

Pada masa kepemimpinan Ridwan Kamil-Oded, terpilih nama Benny Bachtiar yang merupakan aparatur sipil negara (ASN) dari Pemkot Cimahi. Namun, ketika Oded dan Yana terpilih dalam pemilihan wali kota Bandung, mereka mengajukan nama Ema Sumarna.

Menurut Folmer, Oded harus segera menentukan dan melantik, karena sekda harus segera merancang program yang membawahi 11 bidang kerja.

"Ketika sekda sudah ditetapkan, kami berharap bisa langsung beradaptasi dengan segala persoalan di pemerintahan Kota Bandung," kata dia.

Folmer menilai, pengajuan nama Benny Bactiar sudah sesuai proses dari panitia seleksi. Bahkan, ia meyakini sebelum memilih Benny, Emil dan Oded telah mendiskusikannya terlebih dahulu.

Meski begitu, ia mempersilakan siapapun yang nantinya akan ditetapkan, asal hal tersebut telah sesuai aturan.

"Yang penting segera tetapkan dan lantik," kata dia.
 

Pewarta: Asep Firmansyah

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018