Bandung (Antaranews Jabar) - Universitas Padjadjaran Bandung berkomitmen membantu masyarakat Palestina memajukan negerinya, seperti di bidang pendidikan yakni dengan memberikan beasiswa kepada 16 pelajar Palestina untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi negeri tersebut.

"Hasil dari pendidikan ini diharapkan dapat bermanfaat untuk membangun Palestina," kata Rektor Unpad Prof Tri Hanggono Achmad dalam siaran persnya di Bandung, Rabu.

Tri Hanggono mengatakan beberapa waktu pihaknya menandatangani perjanjian kerja sama dengan dengan Duta Besar Palestina untuk Indonesia H.E. Zuhair, di Jakarta, dan salah satu komitmen dari perjanjian tersebut ialah dengan pemberian beasiswa.

"Unpad mendukung program solidaritas terhadap Palestina sesuai dengan amanat Undang-undang Dasar 1945 dan Konferensi Asia Afrika," ucap Rektor Tri Hanggono.

Penandatanganan PKS ini dilakukan dalam pertemuan konsultasi bilateral Indonesia-Palestina yang difasilitasi Kemenlu RI. Penandatanganan ini disaksikan langsung Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.

Menteri Retno mengatakan Unpad bersama Forum Rektor Indonesia telah berkomitmen memberikan beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa asal Palestina.

"Ini merupakan salah satu upaya Indonesia untuk mempersiapkan generasi muda Palestina," ujar Retno.

Selain Unpad, sejumlah lembaga nasional lainnya juga turut menandatangani dokumen perjanjian dalam upaya memberikan bantuan bagi Palestina.

Perjanjian yang ditandatangani tersebut, yaitu: MoU Joint Commission Indonesia-Palestina, Dana Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina, BAZNAS-UNRWA, Jordan Hashemite Charity Organization, Forum Rektor Indonesia, KBRI Amman, dan Kedubes Palestina di Jakarta.

 

Pewarta: ASJ

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018