Cibinong (Antaranews Jabar) - Sekretaris Daerah (Sekda) pada Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa meminta 16 kota/kabupaten yang kepala daerah hasil pilkada serentak 2018 sudah dilantik segera mengajukan rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) ke DPRD setempat.

"Kami mengimbau kepada Sekda di 16 daerah yang kemarin melaksanakan pilkada serentak 2018 melakukan hal sama seperti provinsi untuk mengajukan rancangan awal RPJMD kepada DPRD masing-masing," katanya di Cibinong, Kabupaten Bogor, Senin.

Menurut dia, RPJMD yang sudah diajukan nantinya dikonsultasikan dengan DPRD masing-masing daerah, kemudian dilakukan evaluasi dari Kementerian Dalam Negeri sebelum disahkan. 

Pengajuan RPJMD dilakukan maksimal 40 hari setelah kepala daerah telah dilantik.

"RPJMD 2018 - 2023 Provinsi Jabar sendiri, hari ini telah disampaikan ke Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Jabar. Rancangan awal RPJMD itu di dalamnya berisi implementasi dari visi-misi janji kampanye kepala daerah terpilih," katanya.

Selain itu, dalam penyusunan RPJMD dari 16 kota/kabupaten pada wilayah Jawa barat dapat terselesaikan hingga akhir tahun 2018.

"Mudah-mudahan RPJMD Jabar selesai di Desember 2018 sehingga mulai awal tahun 2019 RPJMD kita sudah sah. Bila itu tidak selesai akhir tahun akan berakibat fatal," katanya.

Sementara itu, Bupati Bogor Nurhayanti bersama Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi) komisariat wilayah Jawa Barat tahun 2018 menggelar pertemuan dalam rangka sinergi perencanaan RPJMD Provinsi Jawa Barat tahun 2018-2023 dengan pemerintah kabupaten/kota. 

Ini adalah salah satu cara untuk meminta masukan, usulan, saran dan kritik konstruktif untuk mendukung arah perencanaan pembangunan daerah Jawa Barat yang prospektif dan visioner, katanya.

Demikian pula dengan pemkab/pemkot di Jawa Barat juga harus dapat menyelaraskan rencana pembangunan daerahnya masing-masing dengan adanya perencanaan RPJMD Provinsi Jawa Barat tahun 2018-2023.

"Itu dalam konteks penguatan komitmen dan pertukaran pengalaman dalam rangka meningkatkan kreativitas dan inovasi masing-masing Kabupaten-Kota," katanya.

Sehingga secara keseluruhan setiap kabupaten/kota mampu bersama-sama meningkatkan kualitas sebagai daerah yang berkualitas, unggul dengan memiliki daya saing tinggi maupun semangat juang.

Pewarta: Mayolus Fajar Dwiyanto

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018