Cianjur (Antaranews Jabar) - Nelayan pantai Selatan Cianjur, Jawa Barat, berharap pembangunan dermaga dan pelabuhan di Pantai Jayanti, Kecamatan Cidaun, segera terealisasi.

Pasalnya rencana tersebut telah berkali-kali didengar seribuan nelayan di pesisir selatan, namun hingga saat ini hanya isapan jempol semata, meskipun mereka sangat berharap untuk meningkatkan taraf ekonomi.

Hadi seorang nelayan saat dihubungi Senin, mengatakan sejak beberapa tahun lalu bupati Cianjur sebelum-sebelumnya berjanji akan membangun pelabuhan, namun kenyataanya hanya memperbaiki dermaga.

Namun kali ini, tambah dia, pemerintah saat ini berjanji akan segera membangun pelabuhan di Pantai Jayanti, guna meningkatkan ekonomi kelautan, sehingga taraf hidup nelayan meningkat.

"Ini yang didambakan nelayan sejak puluhan tahun lalu, mungkin sejak kakek kami measih hidup. Hasil laut pantai selatan banyak diburu pengepul dan tengkulak dari berbagai wilayah," katanya.

Sehingga sudah sangat perlu dibangun pelabuhan di pantai selatan Cianjur karena ketika musim panen, berbagai jenis ikan dengan kualitas super menjadi incaran pembeli.

"Terbukti dengan dibangunnya landasan pesawat oleh mantan pengusaha yang saat ini menjadi Menteri Kelautan Susi Pujiastuti yang memebetang di Kecamatan Cidaun," katanya.

Ia menyebutkan hasil tangkapan terutama jenis lobster menjadi rebutan pembelli dari berbagai wilayah termasuk untuk ekspor keluar negeri.

Sehingga pelabuhan yang rencananya akan dibangun tahun depan oleh Pemkab bantuan dana dari pusat, akan meningkatkan taraf hidup nelayan di pesisir selatan Jabar.

Sementara Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan tahun depan pihaknya akan membangun pelabuhan Pantai Jayanti, untuk memudahkan jual beli hasil laut di wilayah tersebut.

"Termasuk akan dibangun sarana dan prasarana penunjang seperti dermaga dan tempat pelelangan ikan skala besar agar kehidupan nelayan di pantai selatan lebih meningkat," katanya.

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018