Garut (Antaranews Jabar) - Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyiapkan tim khusus petugas yang akan memeriksa kesehatan hewan kurban untuk memastikan hewan yang akan dikurbankan dalam kondisi sehat dan layak dikonsumsi.

"Pengawasan akan kita lakukan di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Garut, khususnya terkait kesehatan hewan yang akan dikurbankan," kata Kepala Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Kabupaten Garut, Indriana kepada wartawan di Garut, Jumat.

Ia menuturkan, perayaan Idul Adha tidak lama lagi akan dilaksanakan oleh umat Islam, sebagian besar membutuhkan hewan ternak seperti sapi, kambing atau domba untuk dikurbankan.

Pemerintah daerah, kata dia, sudah mempersiapkan kebutuhan masyarakat terkait hewan kurban sekaligus menjamin kesehatan hewan yang akan dikurbankan.

"Kami juga menyiapkan seribu kalung sehat yang akan dipasangkan pada hewan kurban," katanya.

Ia menyampaikan, selain pemasangan kalung, pihaknya akan memberikan bimbingan teknis kepada masyarakat maupun pengurus masjid tentang tata cara yang baik dalam penyembelihan termasuk saat pembagian daging hewan kurban.

Selain itu, lanjut dia, petugas akan menyebar ke sejumlah titik lokasi penyembelihan untuk memeriksa kondisi daging kurban setelah proses penyembelihan selesai.

"Pemeriksaan biasanya erat kaitannya dengan pengecekan organ visceral dan parasit cacing hati dan lain-lain," katanya.

Ia menambahkan, masyarakat yang hendak membeli hewan kurban khususnya jenis sapi agar selalu memperhatikan kondisi kesehatan hewan serta fisiknya.

Terutama, lanjut dia, masyarakat harus memperhatikan usia hewan ternak yang akan dibeli sudah dalam kondisi layak untuk dikurbankan sesuai syariat Islam.

"Umur hewan ternak yang dikurbankan harus diperhatikan karena persyaratannya harus sesuai dengan syariat Islam," katanya. 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018