Para Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) bidang kehumasan SMA/SMK/SLB negeri di Jabar merespon positif  pelatihan kehumasan yang diselenggarakan oleh Hubungan Masyarakat Dinas Pendidikan Jawa Barat (Humas Disdik Jabar) pada pekan lalu di Aula Disdik Jabar.

Wakasek Bidang Kehumasan SMKN 1 Cikarang Rohmat mengaku senang mendapat ilmu baru berkaitan dengan teknik jurnalis atau pemberitaan.

"Sejauh ini, kalau saya membuat tulisan tentang SMKN 1 Cikarang tidak terlalu memikirkan kaidah dan kurang sistematis. Saya sendiri masih susah mengungkapkan kata-kata lewat tulisan, padahal ide saya banyak," katanya saat ditemui usai pelatihan kehumasan di Aula Disdik Jabar, Rabu (30/08/2/17) sore.

Pelatihan kehumasan tersebut memberinya pemahaman pentingnya pembuatan press release untuk mempromosikan sekolah dan meluruskan berita yang tidak sesuai fakta.

"Nantinya, saya akan lebih giat lagi membuat press release terkait dengan prestasi SMKN 1 Cikarang, karena banyak sekali prestasi yang bisa dijadikan promosi sekolah, terutama melalui media sosial," pungkasnya.

Menurutnya, kendala kehumasan di sekolah adalah adanya wartawan yang membuat berita negatif dan tidam benar mengenai SMKN 1 Cikarang. Kedepannya, ia akan lebih menertibkan wartawan yang datang ke sekolah, minimal dengan memeriksa surat tugas dan memahami kode etik jurnalis.

Wakasek Kehumasan SMKN 1 Cipanas Gia Srimulyani pun menilai materi kehumasan yang disampaikan sangat bermanfaat, sehingga dapat diterapkan untuk mempromosikan sekolah.

"Prestasi anak-anak di SMKN 1 Cipanas sangat beragam dan sebetulnya sudah ada di website kami, tetapi kurang update. Nantinya akan dikembangkan lagi. Kami juga ingin konsisten updating di media sosial, sehingga alumni-alumni pun bisa ikut aktif,"pungkasnya.

Tanggapan serupa diungkapkan oleh Wakasek Bidang Kehumasan SMAN 4 Bekasi Trisnani.  Menurutnya, pelatihan kehumasan memberi pengalaman baru dalam membuat press release, sehingga masyarakat tahu informasi seputar SMAN 4 Bekasi.

"Saya jadi tahu bagaimana cara menghadapi berita-berita dari wartawan yang sifatnya hoax. Nantinya, kami akan melibatkan OSIS untuk share berita-berita positif seputar SMAN 4 Bekasi. Sering-sering aja Humas Disdik Jabar mengadakan pelatihan kehumasan dan kalau bisa yang belum diundang, ke depannya dapat diajak berpartisipasi," katanya.

Pelatihan kehumasan dimulai sejak pukul 08.00 pagi hingga 15.00 sore. Materi yang disampaikan terbagi ke dalam 4 sesi. Sesi pertama adalah media relations, penulisan berita, dan press release. Sesi kedua, terkait dengan fotografi. Sementara sesi ketiga dan keempat adalah media sosial dan school branding serta simulasi dari materi-materi yang telah disampaikan.

advertorial


Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017