Antarajabar.com - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, pada tahun 2017 ini kembali menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pelatihan keterampilan kerja berbasis kompetensi (PBK) untuk masyarakat secara gratis tanpa dipungut biaya.
       
"Kegiatan ini merupakan program peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja di Kabupaten Indramayu. Kami selenggarakan setiap tahun untuk masyarakat Indramayu secara gratis. Kami harap masyarakat bisa memanfaatkan kesempatan baik ini," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Indramayu, Daddy Haryadi di Indramayu, Rabu.
       
Dia mengatakan untuk masyarakat Indramayu bisa mendapatkan pendidikan dan pelatihan ketrampilan untuk bidang kejuruan las listrik, otomotif sepeda motor, garment/menjahit dan komputer untuk junior graphic design, junior teknisi jaringan dan office administrator.
    
Sementara itu Kepala UPT Balai Latihan Kerja Disnaker Kabupaten Indramayu, Achmad Fauzie mengatakan, sebagai persyaratan untuk mengikuti kegiatan pendidikan dan pelatihan ini adalah diperuntukan bagi seluruh warga masyarakat Kabupaten Indramayu.
       
"Syarat ini bisa dibuktikan dengan foto copy KTP/Kartu Keluarga yang masih berlaku sebanyak dua lembar, laki-laki/perempuan dengan usia minimal 15 tahun dan maksimal 60 tahun," katanya.
       
Selain itu peserta harus berbadan sehat yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter atau Puskesmas, melampirkan foto copy ijasah jika ada sebanyak dua lembar, pas foto berwarna dengan latar belakang merah ukuran 3x4 tiga lembar dan 2x3.
       
Dia melanjutkan bagi masyarakat yang berminat pendaftaran bisa dilakukan di Kantor UPT BLK Disnaker Indramayu Jalan Gatot Subroto No 1 Indramayu pada hari kerja Senin sampau Jumat jam 08.00 -14.00 Wib.
       
"Seluruh persyaratan tersebut dimasukan kedalam map dengan mencantumkan identitas dan nomor HP," tuturnya.
       
Sejak tahun 2014 hingga 2016, UPT BLK Disnaker Indramayu telah melakukan kegiatan pendidikan dan pelatihan ketrampilan berbasis kompetensi kepada 1446 orang yang terdiri dari tahun 2014 ada 276 orang, tahun 2015 sebanyak 610 orang dan tahun 2016 berjumlah 560 orang.
    

Pewarta: khaerul Izan

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017