Antarajabar.com - Sekolah terpencil di Kabupaten Garut Jawa Barat mendapatkan bantuan buku yang merupakan donasi PT Bank Central Asia Tbk (BCA) sebagai upaya meningkatkan minat baca siswa yang tinggal di pelosok daerah.
        
"Dalam rangka HUT ke-60, BCA berkomitmen untuk menjadi lebih baik melalui tiga pilarnya belajar lebih baik, melayani lebih baik, dan memberi lebih baik," kata Kepala Kantor Wilayah I BCA Allan Sriwulandari saat acara Penyerahan Donasi Buku Untuk Indonesia di kantor Cabang BCA Garut, Kabupaten Garut, Selasa.
        
Ia menuturkan, aksi berbagi buku tersebut sudah dilaksanakan sebelumnya di Lampung 21 Juli dan Makassar 23 Juli 2017, untuk selanjutnya donasi buku dilakukan di Garut.
        
BCA, kata dia, berkomitmen untuk menumbuhkan kembali minat membaca di berbagai pelosok Indonesia dengan mengadakan gerakan berbagi buku pada Maret 2017.
        
"Aksi berbagi buku untuk Indonesia ini merupakan perwujudan komitmen BCA untuk memberi lebih baik kepada masyarakat dengan harapan dapat berkontribusi meningkatkan minat baca di berbagai pelosok di Indonesia, yang penting dalam menciptakan generasi muda yang cerdas, berkualitas, dan berakhlak mulia," kata Allan.
        
Ia mengungkapkan, gerakan berbagi buku itu berhasil mengundang partisipasi masyarakat yang tinggi, terbukti pada periode pertama 15 Maret hingga 15 Juni 2017 telah terkumpul dana donasi lebih dari Rp1 miliar untuk selanjutnya diwujudkan dalam bentuk buku.
        
Buku yang berhasil terhimpun oleh BCA itu, kata dia, didonasikan ke 104 sekolah penerima di 60 titik di Indonesia, termasuk didonasikan ke Garut dan tiga kota lainnya dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional.
        
"Ketiga kota tersebut adalah Garut mewakili Jawa, Manado mewakili Sulawesi, dan Kupang mewakili Indonesia bagian timur, selanjutnya akan diadakan penyerahan donasi buku ke wilayah Banda Aceh mewakili Sumatera dan Singkawang mewakili Kalimantan," katanya.
        
Ia berharap, buku yang didistribusikan kepada anak sekolah di pelosok terpencil itu dapat mendorong semangat belajar siswa dengan meningkatkan minat baca sebagai awal mencapai cita-cita mulia.
        
"Semoga aksi berbagi ini dapat berkontribusi positif dan menjadi pengingat kita semua akan pentingnya akses buku yang luas bagi tunas-tunas bangsa, sebagai aset berharga dalam menggapai harapan dan cita-cita," katanya.
        
Kegiatan tersebut dihadiri Kepala KCU BCA Garut Isa Yusuf, Kepala SDN Mekarwangi 02 Talegong, Garut Ade Hermawan yang menerima langsung bantuan buku, dan disaksikan Kepala Bidang Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Garut Ade Manadin.
        
Kepala Sekolah Mekarwangi 02 Talegong, Garut, Ade mengatakan, sekolah yang dipimpinnya masih banyak kekurangan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar.
        
Menurut dia, kebutuhan berbagai buku pelajaran dan ilmu pengetahuan sangat penting untuk menambah wawasan para siswa di daerah Talegong.
        
"Hari ini sekolah kami sangat membutuhkan buku pembelajaran, pada hari ini pihak BCA memberikan fasilitas atau donasi buku untuk kami," katanya.
        
Ia menyampaikan, bantuan buku tersebut tentunya akan disambut gembira para siswa karena akan menambah koleksi buku selain dari bantuan pemerintah melalui program Bantuan Operasional Sekolah (BOS).
        
"Buku di sekolah kami juga dibantu dari BOS, sekarang ditambah lagi, alhamdulillah, siswa kami di sekolah pasti bergembira," katanya.
    

Pewarta: Feri P

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017