Antarajabar.com - Bupati Cianjur, Jawa Barat, Irvan Rivano Muchtar melakukan penanaman pohon pertama menandai dimulainya pembangunan dan penataan fasilitas umum Ruang Terbuka Hijau (RTH) Alun-Alun Cianjur berlokasi di eks-Pasar Induk Cianjur yang terbakar beberapa waktu lalu.

Penanaman pohon yang dilakukan orang nomor satu di Cianjur itu, Selasa resmi dimulainya kegiatan penyiapan fasilitas umum RTH alun-alun Cianjur yang akan dikerjakan hingga tahun 2018 dengan sumber dana APBD Kabupaten Cianjur.

Beberapa fasilitas yang ada di dalamnya akan diperuntukan bagi warga sebagai ikon Cianjur yang nantinya menjadi bangunan monumental kebanggaan warga serta sebagai pusat seni dan budaya.

"Tiga Pilar akan diwujudkan melalui beberapa fasilitas didalamnya," kata Irvan.

Bahkan di dalamnya akan dibangun monumen Al Quran, Teater Kacapi Suling, Gedung Maenpo seperti pundan berundak dan akan didirikan menara dengan fasilitas elevator sehingga warga dapat melihat kota Cianjur dari atas ketinggian.

"Pembangunan ruang terbuka hijau ini dapat dinikmati warga dengan tujuan sebagai pemenuhan ruang terbuka hijau yang sesuai dengan kebijakan tata ruang wilayah serta terwujudnya sarana dan prasarana untuk warga yang berfungsi sebagai fasilitas rekreasi umum," katanya.

Dia menjelaskan, kedepan pihaknya akan melakukan program kerja percepatan ekonomi dengan membangun dan memperbaiki infrastruktur penghubung antar desa di seluruh wilayah Cianjur tanpa memilah utara atau selatan."Namun skala prioritas yang akan dilakukan mana yang gterlebih dahulu akan diperbaiki," katanya.

Hadir dalam acara tersebut Unsur Muspida Cianjur, mantan Bupati Cianjur Tjetjep Muchtar Soleh, Kepala OPD Cianjur, Instansi Vertikal dan warga dari berbagai kalangan.

Sementara sejumlah warga yang datang ke lokasi pembangunan, menilai ruang terbuka hijau tersebut, akan menjadi tempat idola bagi warga Cianjur yang selama ini mendambakan taman terbuka layaknya di Kota Kembang Bandung, dimana warga tidak perlu lagi merogoh kocek untuk berlibur di akkhir pekan.

"Mungkin saya mewakili warga Cianjur yang sangat mendukung dengan dibangunnya ruang terbuka hijau untuk warga ini. Harapan kami Bupati Cianjur yang baru dapat melakukan hal yang sama di seluruh wilayah Cianjur, terutama pembangunan untuk mendorong peningkatan ekonomi," kata Saepul warga Kelurahan Solok Pandan.



Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016