Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut, Jawa Barat menggelar festival demokrasi untuk mengedukasi masyarakat tentang pemilihan kepala daerah (pilkada) dan menjadi pemilih yang cerdas dalam memilih pemimpin.

"Kegiatan ini sebagai dari edukasi terhadap masyarakat supaya masyarakat bisa lebih mengenal lagi, bisa lebih terlibat lagi dalam proses pelaksanaan pilkada," kata Ketua KPU Kabupaten Garut Dian Hasanudin saat menggelar Festival Demokrasi Garut 2024 di Alun-Alun Garut, Garut Kota, Sabtu.

Ia menuturkan saat ini KPU Garut sedang melaksanakan sejumlah tahapan pilkada, termasuk di dalamnya terus menyosialisasikan kepada masyarakat tentang hari pencoblosan  pada 27 November 2024.

Pilkada kali ini, kata dia, merupakan serentak seluruh Indonesia, termasuk di Garut saat ini pemilihan Bupati-Wakil Bupati Garut, dan pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Barat.

Ia mengatakan adanya Festival Demokrasi Garut 2024 ini untuk memberikan ruang kepada masyarakat yang ingin mengetahui berbagai tahapan dan pelaksanaan pilkada, termasuk bisa mengecek sudah masuk daftar pemilih tetap atau belum, dan bisa mengikuti simulasi pencoblosan.

"Selama Festival Demokrasi Garut 2024 ini memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengecek apakah mereka sudah terdaftar di DPT, dan bisa mengikuti simulasi TPS," katanya.

Ia mengungkapkan pilkada kali ini dihadapkan dengan berbagai tantangan di antaranya jadwal kampanye yang digelar selama 60 hari, berbeda dengan tahun sebelumnya berlangsung 120 hari.
KPU Garut juga, lanjut dia, saat ini sedang fokus melayani pindah tempat memilih bagi masyarakat, dan persiapan logistik kebutuhan pilkada, seperti menyiapkan surat suara yang harus dipastikan tiba di kecamatan pada tiga hari sebelum pencoblosan.

"Kita juga dituntut pemenuhan logistik, hingga saat ini sudah 80 persen logistik pilkada sudah tersedia, dan surat suara itu pada H-3 sudah tiba di kecamatan," katanya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Garut, Nurrodhin menyampaikan apresiasi kepada KPU Garut yang menyelenggarakan Festival Demokrasi Garut 2024 sebagai sarana memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pilkada yang diharapkan partisipasi masyarakat tinggi.

Ia berharap kalangan pemilih pemula, umumnya semua kalangan masyarakat yang memiliki hak pilih dalam pilkada serentak tahun ini bisa menjadi pemilih yang cerdas untuk menentukan pemimpin berkualitas dan amanah.

"Partisipasi teman-teman milenial dan generasi Z dalam menyelenggarakan pemilu dengan pola pemikiran yang cerdas, cerdas untuk menentukan, cerdas untuk memilih," kata Nurrodhin. 


 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024