Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut, Jawa Barat, mulai melakukan tahapan proses mencetak surat suara untuk pemilihan bupati-wakil bupati pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Garut 2024.

"Untuk surat suara sendiri sedang proses pengerjaan, insyaallah di tanggal 3 (November) sudah mulai didistribusikan ke gudang kita," kata Ketua KPU Kabupaten Garut Dian Hasanudin di Garut, Senin.

Ia menuturkan KPU Garut saat ini sedang melakukan tahapan kegiatan kampanye pasangan calon (paslon) peserta Pilkada Garut, kemudian perekrutan kelompok penyelenggara pemungutan suara (kpps), dan penyediaan logistik.

Pendistribusian logistik pilkada yang diterima oleh KPU Garut, kata dia, sudah 70 persen seperti pengadaan kotak suara, bilik suara, dan peralatan penunjang lainnya, termasuk saat ini sedang menunggu surat suara.

"Hari ini sudah ada 70 persen di gudang kita, tinggal surat suara, dan formulir yang sedang dalam proses," katanya.

Ia menyampaikan pengadaan surat suara sudah dilakukan tahapan penetapan desain surat suara yang sudah disepakati kedua paslon peserta pilkada, kemudian sudah ada pihak perusahaan yang memenangkan proyek pengerjaan surat suara tersebut.

KPU Garut, kata dia, pada akhir bulan Oktober akan melakukan pengecekan kualitas lembaran surat suara yang diharapkan hasilnya sesuai dengan harapan.

"Rencana di akhir bulan ini melaksanakan kualitas kontrol terkait kualitas surat suara yang dicetak, mudah-mudahan hasilnya sesuai dengan harapan," katanya.
Kebutuhan logistik maupun surat suara, kata Dian, ditargetkan sudah selesai dan diterima di gudang KPU Garut awal November 2024 untuk selanjutnya bisa melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara.

Tahapan berikutnya, kata dia, melakukan pendistribusian semua logistik yang ditargetkan sudah sampai ke masing-masing kecamatan di Garut tiga hari sebelum pelaksanaan pencoblosan 27 November 2024.

"Kita sudah bisa mulai proses pelaksanaan sortir dan sorlip, sehingga tidak ada keterlambatan dari sisi proses, sehingga kita harapkan di H-3 sudah ada di kecamatan," katanya.

Pilkada Garut 2024 diikuti dua paslon yakni nomor urut 1 Helmi Budiman-Yudi Nugraha yang diusung empat partai politik, dan pasangan nomor urut 2 Abdusy Syakur Amin-Luthfianisa Putri Karlina yang diusung 11 partai politik.



.

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024