Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (PLUT-KUMKM) Kabupaten Subang, Jawa Barat, mengajak pelaku UMKM bergabung untuk memperluas jaringan bisnis.

Manajer Unit Layanan Kemasan PLUT-KUMKM Subang, Sandy Hallymansyah di Subang, Kamis menyampaikan bahwa seluruh pelaku usaha, baik yang bergerak di fashion, makanan, minuman, maupun kriya perlu bergabung dengan PLUT-KUMKM.

Masyarakat atau pelaku usaha yang tertarik untuk berkonsultasi juga bisa datang ke PLUT-KUMKM Subang.

Ia mengatakan, di PLUT-KUMKM para pelaku usaha di wilayah Subang juga dapat memperluas jaringan, meningkatkan motivasi serta membuka lebih banyak peluang kolaborasi bisnis.

Sandy menyontohkan tentang salah satu produk UMKM, yakni batik Subang yang sebenarnya memiliki potensi besar sebagai produk unggulan. Namun ada beberapa kendala yang dihadapi untuk menembus potensi tersebut.

Batik Subang dianggap memiliki potensi besar sebagai produk unggulan UMKM, karena ada tiga produsen utama batik di Subang, yakni Batik Ganasan, Batik Haruming dan Batik Kareumbi yang berada di bawah binaan PLUT-KUMKM.

Disebutkan bahwa di antara tantangan utama yang dihadapi para produsen batik di Subang ialah kurangnya branding dan strategi pemasaran yang kuat.

"Produsen batik di Subang sebenarnya cukup banyak, namun batik khas Subang masih minim. Kebanyakan yang diproduksi adalah batik cap, sementara batik tulis memiliki segmen pasar yang lebih terbatas dan harga yang berbeda," katanya.

Untuk menghadapi tantangan yang dihadapi itu, PLUT-KUMKM terus mendorong inovasi di kalangan pelaku UMKM batik, mulai dari memperbaharui desain, menyesuaikan harga pasar serta memaksimalkan pemasaran digital.

 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024